KSB Urutan Pertama Penurunan Stunting di NTB

Taliwang (Suara NTB) – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berhasil menekan angka stunting di daerahnya. Berdasarkan data terbaru, KSB menempati urutan pertama di NTB yang paling kecil angka stuntingnya dengan persentase 9,22 persen di tahun ini.

Penetapan KSB sebagai daerah di NTB yang angka stuntingnya paling rendah itu disampaikan dalam kegiatan evaluasi Tema Percepatan dan Penurunan Stunting (TPPS) yang digelar provinsi pekan lalu. “Alhamdulillah kita menempati urutan pertama untuk penurunan stuntinf tahun ini,” kata wakil bupati KSB, Fud Syaifuddin, Jumat lalu.

Menurut Wabup, capaian tersebut akan menjadi semangat bagi daerah untuk terus menekan kondisi gagal tumbuh pada anak balita itu. Karenanya ke depan target pun akan terus dinaikkan hingga ke angka 5 persen. “Insyaallah tahun depan jumlah anak stunting kita tinggal 5 persen,” janjinya.

Sebagai ketua tim TPPS KSB, Wabup mengaku, untuk menekan angka stunting pada anak itu berbagai upaya telah dilaksanakan oleh pemerintah KSB. Program aksi seperti sosialisasi, pengawasan dan pembagian makanan tambah (PMT) dilaksanakan secara berkelanjutan. “Sebagai ketua kabupaten saya turun langsung terutama di mana ada anak-anak kita yang masuk kategori stunting,” cetusnya.

Selanjutnya keberhasilan yang ditorehkan KSB itu, kata Wabup turut juga didukung berbagai pihak. Selain masyarakat, korporasi khususnya PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) telah memberi kontribusi positif pasa upaya Pemda KSB tersebut. “Semua pihak punya kontribusi pada usaha kita menurunkan stunting itu,” sebutnya.

Terakhir Wabup menambahkan, pada dasarnya cara paling efektif mencegah stunting pada anak berada di lingkungan keluarga. Kewaspadaan sejak awal bisa dilakukan oleh para anggota keluarga dengan mengamati tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan. “Pemicu stunting itu kan karena terjadinya kurang gizi pada anak sejak dalam kandungan dan saat baru lahir,” pungkasnya. (bug)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

0
Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival (e-VOA) https://www.indonesia-evoa.com muncul di pencarian teratas mesin pencari google, warga negara asing diminta berhati-hati. Sebelumnya...

Latest Posts

Imigrasi Luncurkan Situs Resmi Pengurusan e-VoA

Mataram (suarantb.com) Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival...

Kolaborasi Srikandi BRI dan BUMN, Bahu Membahu Percepat Pemulihan Korban Gempa Cianjur

Cianjur (suarantb.com) – Dalam rangka mempercepat pemulihan pasca bencana,...

Unisma Raih Dua Kategori Anugerah Kampus Unggulan

Malang (suarantb.com)Universitas Islam Malang (Unisma) sebagai Perguruan tinggi dengan...

Kesejahteraan Guru Terpencil di Kabupaten Bima Masih Diabaikan

Bima (Suara NTB) - Serikat Guru Indonesia (SGI) Kabupaten...