1.856 Rumah di Kota Bima Masih Kumuh

Kota Bima (Suara NTB) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bima, mencatat kurang lebih sebanyak 1.856 unit rumah masih kumuh. Jumlah tersebut tersebar pada 41 titik di 34 Kelurahan di Kota setempat.

“Ada 1.856 unit rumah yang masih kumuh atau tak layak dihuni,” ucap Kabid Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Dinas PUPR Kota Bima, A.  Haris Dinata M.Si, belum lama ini.

Banyaknya jumlah itu, lanjut dia dibutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa tuntas tertangani. Pasalnya proses pencairan keuangan dilakukan secara bertahap. Selain waktu, juga tergantung kemampuan anggaran.

“Untuk tuntas penanganannya dibutuhkan waktu lama dan kesiapan anggaran. Dalam Tahun 2022 ini baru ada 19 unit dari 75 unit rumah yang sudah dibangun,” ujarnya.

Ia mengaku proses penangannya juga berbeda dengan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021 lalu anggaran penanganan rumah kumuh, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Sementara tahun 2022, menggunakan dana kolaborasi APBN dan APBD.

“Selain itu alokasi anggaran serta teknis penanganannya juga berbeda,” katanya.

Pada tahun 2021, lanjut dia alokasi anggaran mencapai masing-masing Rp20 juta perunit rumah. Kata dia, anggaran itu hanya untuk peningkatan kwalitas bangunan dari yang tidak layak menjadi layak dihuni.

“Sementara tahun 2022 totalnya yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Rp40 juta. Teknis pengerjaannya membangun rumah baru,” ujarnya.

Terkait penanganan rumah kumuh selama ini, Haris menambahkan, pihaknya menemui kesulitan di tingkat lapangan. Salah satunya tidak sedikit ditemukan warga yang membangun rumah di atas lahan yang tidak dilengkapi dengan dokumen kepemilikan.

“Masalah dokumen kepemilikan yang kerap terjadi, karena kami tidak bisa alokasikan bantuan. Dana baru bisa dicairkan minimal tanah yang ditempati milik mereka sendiri,” pungkasnya. (uki)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...