Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital ini sudah menjadi kebutuhan khalayak umum. Bukan hanya untuk yang punya kerabat di luar negeri saja, para pengusaha dan UMKM yang memiliki supplier dari luar negeri juga rutin sangat membutuhkan layanan pengiriman uang ke luar negeri.

Kendati banyak dibutuhkan, masih banyak keluhan terkait layanan pengiriman uang ke luar negeri. Ada yang menyayangkan biaya transfer terlalu mahal dan tidak jelas peruntukannya. Ada pula komplain mengenai lamanya dana terkirim. Anda merasakan ketidakpuasan tersebut? Pastikan Anda membaca artikel ini hingga selesai untuk tahu solusinya.

Demi Keamanan Dana

Penyedia layanan pengiriman uang ke luar negeri mengharuskan pengirim memberikan informasi detail soal penerima uang karena berhubungan dengan keamanan transaksi. Pengirim pun diwajibkan mengetahui kode swift untuk bank tujuan.

Kode swift merupakan sebuah kode unik yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Fungsi kode untuk memudahkan verifikasi transaksi internasional. Kealpaan kode swift akan mengakibatkan proses transaksi gagal.

Cara penggunaan kode tersebut sungguh gampang, tinggal masukan kode sebelum nomor rekening bank yang dituju. Kalau Anda pernah diminta memasukkan kode saat transfer antar-bank, maka konsepnya sama seperti itu.

Swift code bank BCA berbeda dengan kode swift untuk bank BTN. Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi transfer uang ke luar negeri, Anda perlu tahu kode swift untuk bank tujuan dan kode swift untuk bank Anda. Kode Swift bisa dicari secara online karena sudah sering dimuat berbagai media online.

Transfer Uang ke Luar Negeri Menggunakan Aplikasi Mobile Banking

Setelah memahami seluk beluk kode Swift, Anda bisa langsung praktik mentransfer uang ke luar negeri. Salah satu cara yang cukup simpel adalah menggunakan aplikasi mobile banking. Cukup dengan nomor rekening penerima lengkap dengan kode Swift, Anda sudah bisa mentransfer uang ke luar negeri.

Kelemahan mobile banking adalah tidak semua bank memiliki fitur transfer internasional. Kalau harus membuka rekening baru di bank yang bisa transfer internasional, hanya untuk transfer internasional jelas akan sangat merepotkan.

Kelemahan lainnya dilihat dari biaya transfer. Nominal biaya transfer internasional memakai mobile banking tentunya bervariasi, tergantung kebijakan bank. Buat Anda yang butuh transparansi biaya tentunya hal itu bisa menjadi penghambat.

Terkait kecepatan transfer, pengiriman dana ke luar negeri menggunakan mobile banking juga tak selalu real time dana langsung sampai ke tujuan. Hal itu tergantung dengan sistem dari bank yang Anda gunakan.

Flip Globe Untuk Transfer Uang ke Luar Negeri

Apabila aplikasi mobile banking dirasa belum maksimal dalam transfer uang ke luar negeri, Anda bisa mencoba fitur Flip Globe di aplikasi bernama Flip. Tak hanya menjadi jawaban transfer gratis antar-bank, kini Flip memiliki fitur transfer uang ke luar negeri yang mudah dan murah.

Hingga Agustus 2022 Flip Globe sudah bisa menjangkau 49 negara, termasuk negara-negara populer seperti Amerika Serikat dan Tiongkok  Layanan Flip Globe sangatlah aman karena diawasi langsung oleh Bank Indonesia, serta sudah dipercaya lebih dari tujuh juta penggunanya.

Anda tak perlu khawatir kalau kurs di Flip akan menguras kantong, karena layanan ini cenderung setara atau lebih murah dibanding kurs jual di Bank Indonesia. Tak perlu khawatir dana lama sampainya, untuk negara-negara tertentu, Flip Globe bisa memproses pengiriman uang secara real time.

Biaya transfer ke luar negeri di Flip Globe berlaku tarif tetap tanpa ada biaya lain-lain yang disembunyikan. Berapapun nominal yang ditransfer, biayanya tetap, flat. Contoh saja, biaya transfer ke Singapura, adalah Rp29.000, jadi Anda hanya perlu membayar biaya Rp29.000 berapapun dana yang dikirim.

Untuk menggunakan layanan Flip Globe Anda tinggal mengunduh aplikasi Flip dan langsung saja mendaftar hingga akun Anda terverifikasi. Setelah itu transfer uang ke luar negeri dengan mudah dan murah pun sudah di genggaman tangan Anda.

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...