Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak Gunung Rinjani. Diduga, wisatawan asing Boaz Bar Anan kurang hati-hati saat asyik berswafoto di jalur pendakian berpasir, sehingga terpeleset pada lereng bagian barat laut atau arah Danau Segara Anak.

Kepala Seksi Balai Taman Nasional Wilayah II, Rio Wibawanto saat dikonfirmasi Suara NTB via ponselnya mengatakan, korban teregistrasi mendaki melalui pintu masuk Sembalun pada hari Kamis, tanggal 18 Agustus 2022, dengan kode booking RSPO 8ET PHQ.
Menurut Rio, lokasi tempat mengambil gambar ini sebelum puncak sebenarnya cukup luas, sehingga dirinya heran kenapa wisatawan tersebut melakukan swafoto di tempat tersebut. “Letter E istilahnya di puncak itu kalau foto-foto jeleklah,” sebutnya.

Menurut keterangan yang dihimpun dari TO dan Potter Guide bahwa korban mulai melakukan pendakian dari Sembalun ke puncak Rinjani kurang mengindahkan petunjuk pendakian. Puncak Rinjani diketahui merupakan titik tertinggi. Ketinggian 3726 mdpl. Kalau terjatuh dari puncak sudah pasti seperti terjun bebas. “Dari puncak itu kan langsung lurus itu kalau jatuh,” ungkap Rio.

Perbedaan elevasinya kata Rio memang tidak terlihat terlalu lurus. Kondisi ini membuat tim evakuasi kesulitan. Tapi evaluasi harus melibatkan alat sepanjang 150 meter lebih. Sekarang Tim Satgas Penanganan Pencarian, Pertolongan dan Evakuasi (P2E) TNGR berkomunikasi dengan Unit SAR Lombok Timur dan SAR Mataram serta Tim Edelweis Medical Health Center (EMHC) dan tim Inafis Polres Lombok Timur sudah berada di lokasi. “Kan harus menyesuaikan dengan alat-alat evakuasi,” imbuhnya.

Jalur pendakian yang dilewati wisatawan ini merupakan jalur biasa dilalui seluruh pendaki. Pendakian ini harus tetap hati-hati. Diibaratkan sama dengan ketika orang berjalan di pinggir saluran. Ketika kurang hati hati maka bisa terjatuh.
Menurut penjelasan anggota Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) NTB, Hijazi Noor, lokasi titik tempat jatuhnya korban memang sangat rawan, karenanya, ketika berada di puncak, harus hati-hati. (rus)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...