HUT RI Ke-77 di NTB, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat untuk Hadapi Disrupsi

0
Peringatan HUT RI ke 77 di Kantor Gubernur NTB yang berlangsung khidmat (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi NTB ikut memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-77 dengan menggelar upacara bendera di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Rabu, 17 Agustus 2022. Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo bertindak sebagai inspektur upacara.

HUT RI ke-77 mengambil tema “Indonesia Pulih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Tema tersebut memberi pesan kepada seluruh masyarakat agar siap berubah menghadapi dunia yang penuh disrupsi.

Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah yang disampaikan oleh Inspektur Upacara Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo menyatakan bahwa di tengah kecemasan sosial dan tekanan ekonomi yang dirasakan masyarakat selama dua tahun belakangan ini, semua elemen bangsa terus bergerak dan bergotong royong mewujudkan harapan agar keadaan normal kembali.

“Dua tahun lebih ini kita menghadapi tantangan dan ujian. Kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi sangat dirasakan. Namun di tengah keterpurukan dan pelemahan ekonomi, semua elemen bangsa bergerak dan bergotong royong mewujudkan harapan agar kondisi bisa kembali normal seperti sedia kala,” ujarnya.

Perekonomian yang semakin berangsur pulih di tengah pandemi Covid-19 tak terlepas dari kinerja pemerintah dan gerakan masyarakat yang bersinergi untuk mencapai pemulihan di semua sektor sehingga siap menghadapi tantangan global.

“Melihat perkembangan dalam dua tahun terakhir, kita terus membangun semangat, membuat terobosan-terobosan baru demi menguatkan pondasi. Tak terkecuali di NTB. Beragam kebijakan terlahir menjadi solusi saat NTB diterjang gelombang pandemi. Alhamdulillah, selama musibah itu berlangsung, kita berhasil mencatatkan prestasi dan kinerja positif mewujudkan NTB Gemilang,” jelas Inspektur Upacara.

Beberapa program unggulan Pemprov NTB pun gencar dilakukan pemerintah dan para stakeholders demi mewujudkan puncak mimpi, yaitu NTB Gemilang. Dibutuhkan keberanian dan kerja keras untuk menggapai puncak mimpi. Misalnya melalui implementasi program unggulan 1000 Cendikia, NTB Zero Waste, Revitalisasi Posyandu, 99 Desa Wisata, Industrialisasi dan sektor strategis lainnya.

“Kita bergerak simultan sesuai visi-misi membangun NTB Gemilang,” lanjut Gubernur.

Selanjutnya, dalam rangka menyambut Pemilu dan Pilkada serentak pada tahun 2024 mendatang, diharapkan agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk menyukseskannya dan tidak mudah tersulut provokasi, fitnah dan anarkisme.

“Di tahun 2024, kita akan kembali melaksanakan Pemilu dan Pilkada serentak, saya sangat berharap seluruh masyarakat berpartisipasi aktif untuk menyukseskannya dengan mengedepankan politik yang santun, mencerdaskan dan bermartabat. Sungguh kerugian besar akan kita hadapi apabila pilkada diciderai oleh munculnya provokasi, fitnah dan anarkisme. Mari kita jaga momentum pembangunan yang telah tampak jelas jalan dan arahnya ini,” tutupnya.(ris)