Haul Akbar TGH. Abdul Halim dan Masyayikh Sesela Diisi Kegiatan Selama Sepekan

0
Upacara akbar HUT Kemerdekaan RI ke 77 mengawali rangkaian Haul Akbar TGH. Abdul Halim dan Masyayikh Sesela. Mudirul'Am TGH Munajib Kholid sebagai pembina upacara. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Dua Pondok Pesantren (Ponpes) besar di Desa Sesela Kecamatan Gunungsari Lombok Barat, yakni Ponpes Al-Halimy dan Banu Sanusi menggelar Haul Akbar TGH Abdul Halim dan Masyayikh Sesela. Rangkaian kegiatan Haul Akbar yang digelar selama satu pekan (tujuh hari) tersebut, diawali dengan apel akbar dan kegiatan bakti sosial bertepatan dengan perayaan HUT kemerdekaan RI ke 77 hari Rabu, 17 Agustus 2022.

Dalam kegiatan itu, diundang sejumlah tamu besar, di antaranya Dr. Hc Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya selaku Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia dan Rois Aam Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (Jatman).

Rektor Darul Hadits Tarim Yaman, Dr. Syaikh Yasir Al-Suhairy dan KH Marzuqi Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur. Apel akbar digelar di lapangan Umum Sesela dihadiri oleh 2.800 peserta santri dan santriwati serta segenap civitas ponpes. Mudirul’Am Dua Ponpes, TGH. Munajib Kholid didapuk sebagai Pembina Upacara.

Dalam amanahnya, TGH. Munajib Kholid menekankan beberapa hal. Ia mengajak semua pihak untuk cinta tanah air, jangan mau diobrak abrik oleh sekelompok oknum yang mau mendikte tentang Pancasila.

Pada momen peringatan perayaan HUT RI, lanjutnya, bukan berarti menyembah bendera atau perlawanan. Namun memperingati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur, karena berkat mereka kemerdekaan itu bisa direbut oleh bangsa ini. Kata merdeka, tidak hanya sekadar sebuah tulisan. Namun itu diraih dengan pengorbanan darah dan nyawa. Sehingga para penerus bangsa, harus cinta tanah air. Karena tanah air ini juga dirikan oleh ulama-ulama.

Selain memperingati HUT RI ke 77 juga sekaligus mempersatukan elemen keluarga dari TGH. Abdul Halim dari saudara-saudaranya serta Masyaikh di Sesela. “Itu tujuan utamanya,” tambah H. Faedullah yang juga anggota DPRD Lobar ini.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Ustadz Imam Mahfudz Halim menerangkan dalam rangka Haul Akbar TGH Abdul Halim beserta Masyaikh Sesela dan peringatan HUT RI ke 77 ini, digelar berbagai kegiatan dimulai upacara bendera memperingati HUT kemerdekaan di lapangan Sesela. Apel itu dihadiri ribuan peserta dari civitas ponpes dan santri serta santriwati yang berasal dari kelas VI MI, Aliyah hingga Ma’had Ali (Rabiatul Mu’alimin).

Apel digelar ala santri, di mana peserta menggunakan kostum santri seperti pakaian Muslim, sarung dan ada juga pakai celana. Selain apel, digelar juga baksos sunatan massal 150 anak. Peserta sunatan massal ini, diberikan sembako gratis dan uang transportasi dan diadakan pemeriksaan mata gratis.

Dilanjutkan Kamis ini dengan kegiatan baksos donor darah dan kegiatan Bahtsul Masail atau forum diskusi ilmiah antar ahli keilmuan Islam. Berlanjut kegiatan pada hari Jum’at, pihak panitia menggelar bedah buku. Kemudian, hari Sabtu digelar Gunungsari-Batulayar mengaji.  “Hari Minggu itu diadakan pensanadan (pemberian sanad) kitab dari Dr. Syaikh Yasir Al-Suhairy selaku Rektor Darul Hadits Tarim Yaman. Pada Senin malamnya diadakan ziarah kubro dipimpin langsung oleh para ulama,” jelasnya..

Barulah lanjut dia, acara puncaknya hari Selasa tanggal 23 Agustus diadakan pengajian umum oleh para ulama yang hadir pada kesempatan itu. Rangkaian kegiatan ini jelas dia, selama sepekan. (her)