Dinas Kelautan dan Perikanan NTB serta Stakeholders Gelar Upacara HUT Kemerdekaan Ke-77 RI di Taman Laut Pandanan

0
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Muslim, ST, M.Si melalui Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, H. Ruspono menyerahkan bantuan.(Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB menggelar kegiatan pengibaran bendera merah putih di dasar laut, memperingati HUT Kemerdekaan ke 77 Tahun 2022 Republik Indonesia. Pengibaran bendera dilaksanakan di Taman Laut Pandanan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara Selasa 16 Agustus bersama unsur terkait dan mitra pemerintah sektor kelautan dan perikanan.

Diantaranya, Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan di NTB (BPSPL Denpasar dan BKKPN Kupang Wilker Gili Matra), BKSDA NTB, Polairud Polda NTB, Lanal Mataram, Basarnas NTB, OPD Lingkup Provinsi NTB, OPD Lingkup Kabupaten Lombok Utara, Universitas Mataram, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Yayasan Deep Blue Sea, Pokmaswas Deep Blue Sea, Pokmaswas Pandanan, WCS IP, Indonesia Power PLTU Jeranjang OMU, PT. Amman Mineral Nusa Tenggara serta Tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Ada 77 penyelam mewakili semua unsur yang ikut dalam upacara pengibaran bendera  di Taman Laut Pandanan. 77 penyelam ini disesuaikan dengan usia Negara Kesatuan Republik Indonesia di tahun ini. Kegiatan diawali dengan pelepasliaran tukik sebanyak 178 ekor. Jumlah tukik yang dilepasliarkan ini mengartikan peringatan HUT RI yaitu pada tanggal 17 dan bulan 8 (Agustus).

Tukik-tukik yang dilepas ini berasal dari penetasan semi alami yang dilakukan oleh Kelompok pelestari penyu Kerabat Penyu Lombok di Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun menjadi perayaan yang spesial karena akan dirayakan lebih semarak setelah 2 tahun dalam masa pandemi covid-19 yang mana perayaan HUT RI dilakukan dengan banyak keterbatasan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Muslim, ST, M.Si melalui Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, H. Ruspono mengatakan, pada tahun 2022 ini pemerintah telah menetapkan tema yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini mereflesikan tekad dan daya juang pantang menyerah Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa.

Peringatan HUT RI ke-77 Tahun 2022 ini, sejumlah kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB bersama stakeholders. Diantaranya, upacara pengibaran bendera di darat kemudian dilanjutkan upacara pengibaran bendera di bawah laut, penurunan 20 media transplantasi terumbu karang (struktur tetrahedron), dimana media ini dibuat dari ban mobil bekas diisi oleh beton kemudian dibentuk menjadi piramida.

Ditempatkan di area kebun bibit karang Taman Laut Pandanan. Setelah itu penyelam melakukan bersih laut dengan mengumpulkan sampah plastik yang ada di dasar dan di permukaan laut. Selama kegiatan di laut, kegiatan yang berjalan di darat diantaranya lomba mewarnai tingkat sekolah dasar dan bersih pantai. Seluruh rangkaian kegiatan  berjalan lancar dan khidmat. Masyarakat setempat juga sangat antusias mengikutinya.

Pada rangkaian upacara peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022 di Pantai Pandanan ini, unsur pimpinan hari langsung Kapolda NTB, Komandan Lanal Mataram, Polairud, Kepala Basarnas. Unsur masyarakat di Kabupaten Lombok Utara ikut menyaksikan rangkaian kegiatan yang cukup meriah ini. “Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan sebagai bentuk rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jayalah Indonesia ku, Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka,” demikian Ruspono.

Sementara itu, Kapolda NTB, Irjen Djoko Poerwanto dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasinya atas kegiatan, dan semangat memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. “Upacara dibawah laut ini beda dengan diperkumaan, maka dengan memberikan apresiasi yang luar biasa untuk semua yang telah ikhlas melaksanakan kegiatan ini. Pesannya kita menjaga ekosistem biota laut dan terumbu karang karena ini kekayaan kita. Kita syukur ada di NTB dengan banyak kekayaan yang diberikan Allah SWT, dan kita wajib rawat,” demikian Kapolda. (bul)

Galeri kemeriahan peringatan HUT ke 77 Republik Indonesia di Pantai Pandanan Kabupaten Lombok Utara.(Suara NTB/ist)