Cara Warga Gili Gede Rayakan Hari Kemerdekaan, Gelar Aneka Lomba hingga Apel Berkostum Adat Diikuti Wisatawan Asing

0

Giri Menang (Suara NTB) – Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) berjalan semarak. Tidak hanya digelar oleh Pemkab, namun warga masyarakat ikut menyemarakkan kemerdekaan ke 77 tahun. Aneka kegiatan lomba digelar warga, mulai dari yang bersifat tradisional hingga yang modern. Anak sekolah dan warga juga menggelar apel sederhana. Bahkan apel itu diikuti oleh wisatawan asing yang berkunjung ke daerah itu.

Seperti di Gili Gede Indah Kecamatan Sekotong, pemerintah desa setempat bersama kelompok sadar wisata (pokdarwis) menyelenggarakan apel pengibaran bendra merah putih dalam rangka peringatan HUT RI yang ke-77.

Dalam upacara HUT Ke 77 ini para petugas dan peserta upacara menggunakan pakaian adat. Selain diikuti masyarakat Gili Gede Indah, juga dihadiri oleh para investor, wisatawan asing dan lembaga sosial yang terlibat dan berinvestasi dalam pengembangan pariwisata dan kesehatan di Desa Gili Gede Indah.

Ketua Pokdarwis Kecamatan Sekotong H. Jumahar menjelaskan selain kegiatan apel pengibaran bendera, ada banyak rangkaian kegiatan lain seperti lomba gerak jalan, tarik tambang, balap karung dan kegiatan-kegiatan khas 17 Agustus lainnya. Tidak jarang kegiatan ini mengundang rasa penasaran para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sekretaris Desa Gili Gede Indah Sulhandani, menjelaskan, jika ini kali ke empat upacara peringatan HUT RI di Gili Gede Indah sejak desa ini terbentuk 11 tahun yang lalu. “Kegiatan ini akan  menjadi agenda rutin untuk kita laksanakan setiap tahunnya” ungkap dia.

Di tempat yang sama Kepala Wilayah Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa NTB Zulkarnanen memberikan apresiasinya kepada pemerintah desa, pokdarwis  serta pihak-pihak yang telah berkolaboaraksi dalam penyelenggaran kegiatan ini. (her)