UMKM yang Terkendala Dipersilakan Konsultasi ke Provinsi

Mataram (Suara NTB) – Dinas Koperasi UMKM Provinsi NTB mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah ini untuk terus meningkatkan produksi yang dibarengi dengan kualitas produk yang memadai. Jika dalam berproduksi terdapat kendala, pelaku UMKM dapat berkoordinasi dengan Diskop UKM NTB sehingga permasalahan yang ada tertangani dengan baik.

“Dan kalau ada masalah ayo mendekat, sebab kami di provinsi dan temen-temen di kabupaten/kota menyiapkan banyak hal yang bisa membaku UMKM untuk bisa maju,” kata  Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB, Ahmad Masyhuri. Disebutkan bahwa jika pelaku UMKM kesulitan dalam hal sumber daya manusia (SDM) maka akan difasilitasi pelatihan di balai diklat. Pun jika terkendala di kemasan, maka dikoordinasikan dengan balai kemasan.

“Kalau masalah di akses permodalan silahkan datang ke koperasi, nanti kita dampingi, sepanjang ada usahanya saja maka itu bisa mengakses modal yang dibutuhkan,” ujarnya. Untuk itulah pihaknya meminta para pelaku UMKM agar meningkatkan kuantitas dan kualitas produk. Sehingga produk yang dihasilkan tidak hanya dijual pada seputaran rumahnya tapi mengarah ke pangsa global dan secara online.

Tantangan market global lanjutnya, selain kuantitas juga harus dibarengi dengan kualitas tinggi. Sebab produk yang akan dijual ke pasar global sangat banyak. “Enggak mungkinlah kita kirim barang ke luar negeri kalau jumlahnya kecil. Kalau bisa satu hingga dua kontainer yang dibarengi dengan kualitas baik. Karena tidak ada alasan untuk tidak dilakukan peningkatan mengingat persaingan itu. Jika tidak memenuhi kualitas yang diinginkan maka barangnya tidak akan laku,” tandasnya. (bul)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...