Pusat Daur Ulang Sampah, Layani Belasan Desa di Lingsar

NAMUN yang menjadi kendala kesadaran dari warga masyarakat yang masih rendah soal pilah sampah organik dan anorganik dari rumah tangga. Sehingga pihak desa bersama kecamatan pun mendorong warga melakukan pilah sampah dari rumah tangga sebelum dibawa ke PDU.

Camat Lingsar, Marzuki menerangkan, PDU itu berkapasitas 1-3 ton per hari. Tetapi yang menjadi persoalan, sebagaimana diketahui bersama manajemen sampah yang sulit dilakukan pemilahan sampah. “Karena itu kami ada tim, melakukan advokasi dan sosialisasi bagaimana manajemen sampah, setiap hari Jumat kami turun di samping Sejelo Nyambang Desa, kecamatan menyapa desa, kami juga lakukan advokasi bagaimana pemilahan sampah,” jelas dia akhir pekan kemarin.

Pihaknya berupaya mengubah minset, bahwa sampah itu bukan masalah namun bisa mendatangkan pendapatan. Salah satu kelompok pengelolaan sampah yang sudah bergerak adalah di Saribaye, di mana kelompok ini kerjasama dengan PDU sudah melakukan budidaya maggot.

Sejauh ini, meskipun pihak PDU diambilalih oleh unit pengelolaan terpadu (UPT), pihaknya tetap berupaya kolaborasi. PDU itu sendiri melayani 16 desa, dari 18 desa yang ada. Terdiri 15 desa definitif dan 3 desa pemekaran. Dua desa di antaranya sudah mandiri mengelola sampah, yakni desa Sigerongan dan Karang Bayan.

Mereka mengelola sampah di masing-masing desa. “Sedangkan sisanya 16 desa sampahnya dikelola PDU,” jelas dia. Masing-masing desa pun sudah dibuatkan jadwal untuk pembuangan sampah ke PDU. Ia menambahkan, di Lingsar juga udah ada dua pusat daur ulang plastik bekerjasama dengan pihak Surabaya.

Kedepan lanjut dia, PDU itu akan kerjasama dengan pusat daur ulang sampah plastik tersebut untuk daur ulang menjadi kerajinan. Terkait penanganan sampah, ia pun sudah menyiapkan program Terobosan yang akan segera dilaunching. Pihaknya juga meminta kepada pemdes untuk menganggarkan di APBDes untuk penanganan pengelolaan sampah. (her)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...