Pembangunan Smelter Picu Perpindahan Warga ke KSB, Bupati Minta Dukcapil Selektif Terbitkan KTP

Taliwang (Suara NTB) – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), H. W. Musyafirin meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat agar selektif menerbitkan kartu tanda penduduk (KTP).
“Saya ingatkan Dukcapil jangan sembarangan buat KTP. Pastikan syaratnya terpenuhi,” kata Bupati di sela sambutannya saat membuka acara job fair yang diadakan Disnakertrans KSB, Senin, 15 Agustus 2022.

Dibukanya lowongan kerja pembangunan smelter telah memicu perpindahan masyarakat ke KSB secara besar-besaran sejak beberapa waktu terakhir. Warga pindah ke KSB itu dengan harapan bisa memperoleh kesempatan lebih besar untuk bekerja di proyek smelter.

Menurut Bupati, dalih tersebut tentu tidak dapat disalahkan. Namun demikian, Pemda KSB dalam hal memberi peluang kerja di proyek smelter telah mebuat kebijakan agar mengutamakan tenaga lokal. ‘’Nah lokal itu bisa dilihat dari KTP salah satunya. Makanya pendatang yang baru ini cari kesempatan itu. Makanya saya minta kalau syaratnya belum memenuhi untuk dibuatkan KTP jangan dibuatkan,’’ cetusnya.

Hal yang sama pun diingatkan kepada  para kepala desa, camat dan lurah. Bupati menyatakan, sebagai kepala di wilayah administrasi masing-masing berperan menyeleksi tiap warga yang mengajukan permohonan pembuatan KTP. “Jangan main-main kasih pengantar untuk buat KTP. Setop dari bawah kalau belum memenuhi syarat,” tandasnya.

Bupati melanjutkan, kehati-hatian menerbitkan KTP ini bisa menutup ruang kecurigaan masyarakat du tengah semangat pemerintah menggencarkan pemanfaatan tenaga kerja lokal untuk pembangunan smelter. “Kita tidak ingin berkoar prioritaskan lokal tapi faktanya banyak dari pekerja luar hanya karena mereka mudah dapat KTP KSB,” pungkasnya.(bug)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...