Miftahudin Ma‘ruf Gagas Laboratorium Vanili Organik untuk Pemberdayaan Masyarakat

Giri Menang (Suara NTB) – Mantan Ketua Real Estate Indonesia (REI) Provinsi NTB, H. Miftahudin Ma`ruf kini tengah memulai mengembangkan vanili organik. Karena komoditas perkebunan ini memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Bahkan pasarnya sangat terbuka untuk ekspor.

Rencananya, Owner pengembang perumahan, PT. Baiti Jannati ini akan mengembangkan laboratorium vanili untuk memberdayakan masyarakat. H. Ma`ruf mulai memulai membuat laboratorium vanili organiknya di atas lahan 2 are, memanfaatkan lahan pekarangannya 40-an are di Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Ada 200 pohon vanili yang tengah mulai ditanam. Rencananya sampai 1.000 pohon.  Penanamannya melibatkan ahli vanili dari luar daerah yang khusus diajak bekerjasama.

“Saya mulai dari dua paket dulu. Satu paket isinya 100 pohon. Pendampingan dimulai dari penanaman, pemeliharaan, hingga berbuah,” ujarnya. Ma`ruf mengatakan, pendampingan dari ahli vanili ini adalah proses pembelajaran, atau alih teknologi mengembangkan vanili. Dari proses alih teknologi ini, tempatnya membudidayakan vanili di Lingsar akan menjadi laboratorium untuk menggali sebanyak-banyaknya ilmu untuk mengembangkan vanili. Selanjutnya, ilmu budidaya vanili bisa ditularkan kepada siapa saja yang berminat membudidayakan vanili.

“Tempat ini akan jadi pusat belajar masyarakat nanti, siapapun yang ingin mengembangkan budidaya vanili,” kata Ma`ruf. Menurutnya, konsep memberdayakan masyarakat dengan budidaya vanili adalah upaya untuk menguatkan ekonomi masyarakat, dan mendukung NTB mengembangkan vanili sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru selain pertambangan.

Vanili diketahui adalah adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong. vanili digunakan sebagai bumbu olahan yang hampir digunakan di seluruh dunia. Mulai dari bahan untuk membuat es krim, saus, makanan penutup, dan minuman. Dikarenakan produksinya yang sulit, vanili termasuk rempah paling mahal di dunia.

Vanili juga bisa tumbuh subur di NTB, terutama daerah-daerah yang berhawa sejuk. Karena vanili adalah tanaman tumpang sari, budidayanya bisa dilakukan di bawah pohon-pohon lainnya. Ma`ruf mengatakan, karena harga vanili yang cukup mahal. Bahkan sangat terbuka pasarnya di dunia, ke depan ia berencana akan membangun kerjasama dengan siapapun pemilik lahan yang ingin disulap lahannya jadi tempat budidaya vanili.

“Kita yang siapkan paketnya, penanaman, pendampingan, hingga berhasil. Kita bangun sistem ekonominya. Makanya, dari laboratorium vanili ini kita mulai perbanyak calon ahli-ahli vanili yang akan menjadi pendamping di masyarakat nanti,” ujarnya. Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Heru Saptaji melepas ekspor 2,5 ton vanili organik, dari permintaan 6,5 ton ke Amerika Serikat, Jumat, 12 Agustus 2022.

Nilai ekspor 2,5 ton ini Rp5,7 miliar. Tahun depan sudah dipesan sampai 9 ton dari UD. Rempah Organik Lombok, binaan Bank Indonesia NTB. Berdasarkan hasil  hitung-hitungan ahli vanili dari Balitro Kementerian Pertanian, 1 batang pohon vanili berpotensi menghasilkan 3,7 Kg vanili basah. Atau jika dinilaikan, satu batang batang vanili bisa menghasilkan Rp900.000.

Jika nilai terendah diambil targetkan 30 persen saja, berarti Rp300 ribu nilai ekonominya perpohon. Artinya, jika petani menanam 1.000 pohon, hanya membutuhkan lahan 2.000 meter persegi. Dengan biaya tidak lebih dari Rp15 juta. Tiga sampai empat tahun kemudian, petani bisa menghasilkan seribu pohon, dikalikan Rp300 ribu, maka penghasilan petani Rp300 juta setahun. Cukup menjanjikan. (bul)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...