Diupayakan Lebih Baik

0

KELUHAN pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjajakan produk dalam penyelenggaraan bertaraf internasional seperti saat MotoGP tidak boleh terulang kembali saat World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit , November mendatang. Pelaku UKM dan penonton sama-sama diuntungkan dengan event WSBK nanti.

‘’Saya waktu itu sebagai penonton MotoGP. Penempatan stan UKM mesti dekat tribun. Waktu itu, kita harus membeli makanan cukup kesulitan juga, karena letak stan cukup jauh dari tribun penonton. Malahan saya bisa dapat beli makanan saat Magrib,’’ ujar Komandan Lapangan WSBK Jamaluddin, S.Sos., M.T., di Kantor Gubernur NTB, Senin, 15 Agustus 2022.

Pengalaman yang dialaminya waktu itu mesti jadi bahan evaluasi pihaknya dalam menempatkan stan UKM saat WSBK, sehingga ketika WSBK berlangsung para penonton dan pelaku UKM tidak ada yang dirugikan.

Daikuinya, saat MotoGP ada keluhan dari penyewa stan yang tidak laku komoditinya dan ada permasalahan terkait listrik. Untuk itu, pihaknya akan melakukan kajian bagaimana penempatan UKM yang mampu memberikan keuntungan bagi pelaku UKM dan penonton.

‘’Mungkin kalau perlu di tribun itu ada yang jual makanan atau nasi bungkus. Misalnya, jumlah penonton 2.000 orang. Nanti yang jual makanan ini kita bagi menjadi beberapa penjual. Ada yang menjual sekian dan menjual sekian, sehingga mereka tidak perlu keluar tribun untuk membeli makanan atau air. Kalau kemarin, kita turun dari tribun hanya untuk ke kamar kecil saja,’’ ujar Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial Kemasyarakatan ini.

Begitu juga untuk hal yang lain, seperti masalah transportasi dan akomodasi lainnya akan menjadi fokus evaluasi pihaknya, sehingga permasalahan pengangkutan penonton ke Sirkuit Mandalika tidak terulang kembali. Dalam hal ini, pihaknya akan melakukan pembahasan dengan pihak MGPA atau ITDC dan aparat keamanan (TNI/Polri), Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan pihak lain dalam waktu dekat ini. Harapannya, dari pembahasan ini pelaksanaan akomodasi dan penempatan UKM di Sirkuit Mandalika saat WSBK berlangsung sesuai dengan harapan. (ham)