Ramaikan Pameran pada Jambore PKK NTB, Produk UMKM Binaan PT STM Mendapat Apresiasi Pengunjung

0

Dompu (Suara NTB) – Pameran produk – produk hasil UMKM ikut memeriahkan pelaksanaan Jambore kader Tim Penggerak PKK tingkat Provinsi NTB di Kabupaten Dompu, Jumat, 12-13 Agustus 2022. UMKM binaan PT Sumbawa Timur Mining (STM) ikut mendukung kegiatan pameran dengan menampilkan berbagai produk olahan dan hasil pertanian tanaman organik.

Produk herbal UMKM binaan PT STM, bahkan diburu pengunjung. Minuman herbal untuk kesehatan seperti Nona Lemon dan Jahe Instan habis terjual dalam satu jam ketika stand pameran dibuka pada hari kedua. Selain pengunjung mendapat edukasi manfaat produk, di hari kedua langsung diberikan testing kepada pengunjung. “Alhamdulillah, produk minuman herbal untuk kesehatan Nona Lemon langsung dipesan 200 botol,” kata Lilis dari kelompok herbal mandiri Huu binaan PT STM yang membuat minuman Nona Lemon, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan bersama jajaran pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu juga langsung mencoba produk – produk minuman herbal yang ditampilkan di stand produk UMKM binaan PT STM. Seperti minuman herbal untuk kesehatan nona lemon, dan kopi stamina. Produk – produk ini langsung dirasakan manfaatnya, dan diolah dari bahan – bahan yang segar, dikemas dengan baik dan mewah, tapi harganya masih cukup terjangkau.

Berbagai produk UMKM binaan PT STM yang dipamerkan pada pameran Jambore Kader TP PKK tingkat Provinsi NTB di lapangan kantor Bupati Dompu pada Jumat, 12 Agustus 2022 maupun pada Sabtu, 13 Agustus 2022 di Lakey, Huu, Kabupaten Dompu seperti ramuan radang sendi, ramuan gula darah, ramuan asam urat, jahe instan, temulawak instan, kopi stamina, kunyit instan, simpilia herbal, kunyit asam, nona lemon, dan sayuran organik dari kelompok Herbal Mandiri.

Selain itu, ada juga stik labu, cakar ayam parongge, dan cakar jagung dari kelompok UMKM Sabua Ade. Keripik pisang, dan keripik bayam dari kelompok Samada Angi. Kripik menepela mentah, danebi kering, dan ikan layur teri dari kelompok Jala Permai. Kacang asing dari Aisyah food, berbagai hasil tenunan dari kelompok Kancira Daha, serta berbagai jajanan roti produksi Fitri Bakery dan Kaila Cake.

SMKN 1 Huu yang juga binaan PT STM untuk beras organik dan MOL-nya, juga ikut meramaikan pameran produk UMKM pada pelaksanaan Jambore kader TP PKK kemarin. Selain produk organik yang dipamerkan, pupuk organik yang diolah dari limbah organik sekitar juga ditampilkan.

Koordinator Comdev PT STM, Saputra Alamsyah mengungkapkan, pihaknya menampilkan produk – produk dampingan UMKM dan produk dampingan pertanian berkelanjutan dan herbalnya. Ini salahsatu bentuk dukungan perusahaan untuk pengembangan dan pengenalan produk dampingan ke pasar yang lebih luas, mengingat kegiatan jambore ini tidak hanya diramaikan oleh pengunjung dari kabupaten Dompu, tapi juga dari kabupaten – kota se NTB.

“Ajang tersebut juga dimaksimalkan untuk mendapatkan masukan langsung dari konsumen mengenai produk yang tentunya bisa dijadikan dasar untuk arah pengembangan kualitas produk selanjutnya, agar penerimaan pasar bisa lebih baik, dan lebih luas lagi,” katanya. (ula)