Lotim Berlakukan ”Smart Tax” di Sejumlah Hotel dan Restoran

DALAM rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari perpajakan, Dinas Pendapatan Kabupaten Lombok Timur (Lotim) memberlakukan smart tax di sejumlah hotel dan restoran. Sejauh ini baru 11 hotel yang memberlakukan sistem tersebut. Sistem ini terus akan ditingkatkan di semua sumber pajak daerah.

Kepala Dinas Pendapatan Lotim, Muhammad Azlan menjelaskan, sejak tahun 2022 ini sudah mulai terlihat ada geliat hunian di perhotelan.

Beberapa hotel di selatan seperti Jeeva Bloam, Panorama Cottage, Heaven on The Planet sudah diajak untuk memberlakukan sistem tersebut. Sistem ini diharapkan bisa meminimalisir fraud dalam penarikan retribusi pajak.

Hotel-hotel di Lotim bagian selatan diakui Azlan sangat taat dan patuh dalam pembayaran pajak. Sebulan satu hotel ada yang tembus pembayaran pajak saja Rp 12 juta. “Lumayan ini memang dari hotel-hotel kita di selatan,” sebutnya.

Perhotelan selama masa pandemi Covid ini diakui tingkat huniannya sangat minim. Bahkan tidak ada sama sekali. Belakangan baru ada yang mulai menginap. Selain di Selatan, Sembalun dan Tetebatu juga sudah mulai ada geliat hunian yang mulai membaik.

Termasuk homestay-homestay diingatkan tetap ada kewajiban untuk membayar kewajibannya kepada negara. Setelah adanya smart tax ini tinggal dibutuhkan kejujuran dari pihak perhotelan yang memasukkan data huniannya. Pasalnya, dari data itulah kemudian diketahui besaran pajak yang harus dibayar ke daerah.

Smart tax ini kata Azlan bekerjasama dengan Bank NTB. Setelah perhotelan, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan dan Pedesaan (P2) juga akan dibuatkan dengan sistem seperti itu. Harapannya, semakin mudah cara pembayaran pajak masyarakat, termasuk untuk pajak lain seperti reklame.

Smart Tax ini merupakan layanan penyediaan perangkat berupa printer yang memiliki sistem operasi dan terhubung ke sistem pemerintah  secara online. Hal ini sangat  membantu pemerintah untuk memantau semua transaksi setiap aplikasi Point of Sales (POS) di toko/merchant, mendapatkan info laporan pendapatan dan lainnya. (rus)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...