FT Unram Gelar Lomba Rancang Bendungan Tingkat Nasional

FAKULTAS Teknik Universitas Mataram (Unram) tahun ini kembali menggelar Lomba Rancang Bendungan tingkat nasional. Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya selama pandemi Covid-19, event Civil Zone 2022 kali ini bakal menghadirkan puluhan peserta dari berbagai perguruan tinggi ternama nasional tersebut akan digelar secara offline. Tidak lagi secara online seperti tahun sebelumnya.

Ketua Panitia Civil Zone 2022 Fakultas Teknik Unram, M. Girin Maulana, menyebut, ada tiga event skala nasional yang bakal digelar sekaligus pada tahun ini. “Jadi selain lomba rancang bangun bendungan, ada juga seminar nasional serta lomba tender tingkat nasional,” jelasnya pada Ekbis NTB, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Ia mengatakan, nantinya akan ada berbagai rancangan bendungan yang akan dilombakan. Yang merupakan hasil karya para mahasiswa Fakultas Teknik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, karena lomba ini terbuka bagi semua perguruan tinggi nasional. “Peserta diharapkan dari seluruh perguruan tinggi nasional, negeri maupun swasta,” imbuhnya.

Harapannya, lomba rancang bendungan dan tender kali ini bisa menjadi ajang unjuk kemampuan para mahasiswa dalam menyusun dan merancang desain bendungan. Sekaligus mendorong kreativitas dan inovasi mahasiswa teknik sipil khususnya untuk bisa menghasilkan karya di bidang ketekniksipilan yang bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat umum.

“Melalui lomba ini nantinya bisa lahir rancang bendungan nasional yang bisa menjadi model bagi pembangunan bendungan-bendungan yang ada di Indonesia. Sekaligus menumbuhkan jiwa kompetisi, jiwa kritis serta solutif bagi kalangan mahasiswa teknik sipil,” terangnya seraya menambahkan, event ini merupakan rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Teknik Sipil Fakultas Teknik Unram yang ke-29.

Girin menambahkan, pihaknya secara kontinyu sudah menggelar event tersebut sejak tahun 2015 lalu. Dan, tahun ini merupakan gelaran yang ke 6, bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Unram dengan mengusung tema Inovasi Optimalisasi Operasional Bendungan Urugan dan Strategi dan Inovasi Pembangunan di Era Industri 4.0.

“Untuk pendaftaran peserta lomba kita mulai tanggal 15 Agustus (hari ini, red) dengan presentasi dan pameran karya desain rancang bendungan digelar para 2 November 2022 mendatang. Sementara untuk pengumuman pemenang sehari kemudian,” tutupnya. (kir)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...