77 Penyelam Akan Gelar Upacara HUT RI 2022 di Pantai Pandanan

Mataram (Suara NTB)– Sebanyak 77 penyelam akan menggelar upacara peringatan HUT RI tahun 2022 di Pantai Pandanan, Desa Malaka Kabupaten Lombok Utara. Upacara akan didalam air ini akan dilaksanakan Selasa (16/8/2022). Persiapan dan gladi bersih juga sudah dilaksanakan Minggu (14/8/2022).

77 penyelam ini berasal dari perwakilan semua unsur terkait. Undangan kegiatan upacara oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB adalah diantaranya ke Dit. Polairud Polda NTB, Lanal Mataram, Dinas Pariwisata NTB, Dinas Sosial NTB, BKSDA NTB, Basarnas, Dinas Pariwisata Lombok Utara, Dinas Kelautan Perikanan Lombok Utara.

CDK Wilayah Lombok, BPSPL Denpasar di NTB, BKKPN Kupang di NTB, PT. AMNT, PT. Indonesia Power PLTU Jeranjang, WCS NTB, HNSI NTB, Pokmaswas setempat, untuk pemerintah desa dan kecamatan setempat, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Malaka. Serta stakeholders lainnya.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan Provinsi NTB, Muslim, ST, M.Si bersama Sekretaris Dinas Kelautan Perikanan NTB, H. Ruspono menerangkan, 77 adalah symbol 77 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2022 ini.

“Pelaksanaan upacara ini nantinya akan dilaksanakan di darat yaitu di bibir Pantai Pandanan dan juga di Dasar Laut Pandanan dengan melibatkan pasukan gabungan di darat dari seluruh stakeholder ,” kata Ruspono.

Kegiatan upacara sekaligus dirangkaikan dengan pelepas liaran 178 ekor tukik yang bermakna, 17 dan 8 adalah tanggal dan bulan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu akan dimeriahkan juga dengan lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti oleh siswa dan siswi SD disekitar Desa Malaka.

Kegiatan upacara di HUT RI di dalam air ini dipilih lokasinya di Pantai Pandanan, pertimbangannya di pantai ini kegiatan pemberdayaan berjalan cukup bagus. Termasuk kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas) perairannya.

Pantai Pandanan juga sudah menjadi daerah wisata. Kegiatan-kegiatan pelestarian biota laut, seperti terumbu karang, dan penyu juga berjalan cukup bagus. Melibatkan banyak unsur selama ini.

“Lokasinya juga aman dan tidak curam dasar perairannya. Cukup strategis,” imbuhnya.
Ruspono juga menyampaikan, pesan moral dari kegiatan upacara HUT RI ke 77 di Pantai Pandanan ini adalah kampanye pelestarian biota laut, menjaga lingkungan, termasuk menjaga kebersihan dari sampah. Saat upacara nanti sekaligus juga akan dilakukan penanaman terumbu karang.

“Dan yang paling penting adalah, pesan bahwa menjaga alam adalah tanggungjawab bersama,” demikian Ruspono.(bul)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...