Unisma Lepas 58 Mahasiswa Program PMMDN Kemendikbudristek Tahun 2022

Malang (suarantb.com)Rektor Universitas Islam Malang Prof Dr H Maskuri M.Si secara resmi melepas 58 mahasiswa outbound, Kamis (11/8/2022). Para mahasiswa itu akan diberangkatkan ke 27 perguruan tinggi se-Indonesia dalam rangka Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN) Kemendikbudristek Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Prof Maskuri mengatakan bahwa ini merupakan peluang berharga bagi para mahasiswa yang terlibat. Sebab, memiliki satu kesempatan untuk menggali pengalaman baru dari perguruan tinggi lain baik negeri maupun swasta maka manfaatkan sebaik-baiknya.

“Saudara (mahasiswa) adalah duta Unisma. Walaupun ini ikhtiar anda, namun citra Unisma saudara bawa dengan almamater yang saudara pakai. Tunjukkan bahwa saudara punya performa yang bagus, jangan malu-malu mengekspresikan berbagai pemikiran saudara di PMMDN,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Prof Dr H Junaidi MPd PhD menjelaskan bahwa program Program Mahasiswa Merdeka (PMM) ini terbagi menjadi dua jalur yang berjalan selama satu semester. Yakni outbound yakni mahasiswa Unisma yang menempuh studi ke berbagai perguruan tinggi. Serta inbound, dimana mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang akan menempuh studi di Unisma.

Tujuannya, dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa sehingga menjadi saling mengenal dengan saudara sebangsa setanah air. Sehingga meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan negara melalui pembelajaran antar budaya. “Selain itu, akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di luar kampusnya. Setiap semester akan direkognisi sampai 20 SKS,” terangnya.

Lebih lanjut Wkail Rektor 1 Unisma ini menerangkan bahwa untuk outbound, ada 58 mahasiswa dengan tujuan 27 perguruan tinggi. Antara lain, Universitas Andalas, Universitas Baiturrahmah Padang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Nusa Cendana, dan sebagainya.

58 mahasiswa tersebut berasal dari 7 Fakultas dan 12 Program Studi. Rinciannya, 12 mahasiswa Fakultas FAI, 3 mahasiswa Fakultas Hukum, 6 Fakultas Peternakan, 2 FMIPA, 10 FKIP, 21 FEB, dan 4 mahasiswa FIA. “Termasuk mahasiswa yang akan hadir di Unisma atau inbound sejumlah 75 mahasiswa berasal dari 36 perguruan tinggi,” tukasnya. (r/*)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...