SMAN 2 Praya Gelar Tes Kemampuan Bakat dan Talenta Siswa Baru

Mataram (Suara NTB) – Memasuki tahun ajaran baru SMAN 2 Praya mengadakan tes kemampuan bakat dan minat kepada siswa baru. Kegiatan tersebut pihak sekolah bekerja sama dengan tim Ada Talenta Kabupaten Lombok Tengah khusus untuk menentukan bakat dan talenta tersembunyi yang dimiliki oleh siswa.

“Harapan kita adalah bagaimana menentukan tujuan yg pasti, memilah kemampuan, memberdayakan SDM siswa di Sekolah dan mempermudah pembinaan serta ketepatan siswa dalam memilih jurusan nantinya,” ujar Waka Kurikulum SMAN 2 Praya, Budi Hartawan,S.Pd.

Kepala SMAN 2 Praya, Dr. Dian Iskandar Jaelani, MA., mengatakan, untuk mengefisiensikan pelaksanaan tes tersebut, tes dilaksanakan selama dua hari pada awal bulan Agustus lalu. Pelaksanaan tes selesai secara bergelombang sesuai dengan kelas masing-masing di Perpustakaan Handayani SMAN 2 Praya.

Di samping itu, SMAN 2 Praya juga melaksanakan tes Intelligent Quotient (IQ). Tes IQ merupakan penilaian untuk mengukur berbagai kemampuan kognitif seseorang. Hasil tes akan ditampilkan berupa skor sebagai ukuran kemampuan dan potensi intelektual yang dimiliki. Dalam dunia pendidikan, ujar Dian Iskandar, tes IQ biasanya digunakan untuk menentukan jurusan mana yang cocok untuk dimasuki oleh siswa.

“Selain mengasah siswa dalam bidang akademik dan non-akademik SMA Negeri 2 Praya juga mengadakan tes IQ dan Intelegensi siswa kelas X yang bertujuan untuk menggali potensi dan talenta setiap siswa, tes ini juga digunakan sebagai bahan pertimbangan siswa dalam memilih jurusan saat naik kelas XI,” jelas Dian Iskandar Jaelani.

Tes IQ itu dilakukan di sekolah menggunakan ruang perpustakaan SMAN 2 Praya, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari dengan pembagian setengah dari jumlah kelas X. Setelah melaksanakan kegiatan tersebut siswa dapat melihat langsung skor yang didapatkan sehingga siswa mengetahui potensi yg ada dalam diri mereka masing-masing. (ron)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...