Hj. Niken Apresiasi Totalitas Dompu sebagai Tuan Rumah Jambore PKK

0

Dompu (Suara NTB) – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah memberikan apresiasi kepada Ketua TP PKK Kabupaten Dompu, Lilis Suryani H Kader Jaelani dan pemerintah daerah (Pemda) Dompu yang menunjukkan totalitas sebagai tuan rumah pelaksanaan jambore kader PKK tingkat Provinsi NTB. Apalagi pelaksanaan jambore ini dilakukan setelah bertahun – tahun terkungkung akibat pandemi Covid-19.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan wakil Bupati Dompu karena bersedia menjadi tuan rumah pelaksanaan Jambore kader PKK tingkat Provinsi tahun 2022. Juga (apresiasi) ketua panitia (Ketua TP PKK Dompu) yang sudah tampil memberikan totalitas agar (jambore kader PKK) berjalan dengan baik,” kata Hj Niken saat mengawali sambutannya pada acara pembukaan jambore kader PKK tingkat Provinsi NTB di lapangan kantor Bupati Dompu, Jumat, 12 Agustus 2022.

Kegiatan jambore TP PKK yang dilaksanakan setiap 2 tahun ini diharapkan dapat meningkatkan silaturrahim, berbagi pengalaman dan meningkatkan kemampuan kader PKK dalam melaksanakan tugas- tugas pembangunan. Sehingga pada pelaksanaan jambore, berbagai kegiatan lomba dilaksanakan untuk menguatkan program – program tim penggerak PKK dan meningkatkan kualitas serta kepesertaan tim penggerak PKK tingkat Desa.

“Sepulangnya dari acara jambore ini, kita menjadi kader PKK yang bersemangat, yang termotifasi, yang memiliki silaturrahim yang lebih banyak lagi dengan sesama kader yang lain. Memiliki wawasan dan tentu saja memiliki ketangguhan sebagai penggerak di wilayah masing – masing untuk memberdayakan keluarga di wilayah kita semua,” harapnya.

Bupati Dompu, H Kader Jaelani pada kesempata yang sama menyampaikan, sebagai tuan rumah pelaksanaan jambore TP PKK tingkat Provinsi NTB pada 12 – 14 Agustus 2022 ini, pihaknya berkomitmen akan menjadi tuan rumah yang baik bagi semua peserta jambore PKK se NTB. “Insyaallah Kabupaten Dompu akan menjadi tuan rumah yang ramah, yang baik, dan akan berupaya dengan baik untuk melayani tamu dari seluruh kabupaten/Kota se provinsi NTB,” katanya.

Ia pun berharap, pelaksanaan jambore TP PKK akan memberi kontribusi bagi kemajuan dan perubahan daerah. Yaitu terbangun kebersamaan dan solidaritas antar kader PKK masing – masing kabupaten / Kota se NTB. Sehingga kegiatan ini diharapkan menjadi sarana pembelajaran dan berbagi pengalaman dalam menjalankan tugas dan fungsi tim penggerak PKK dalam berbagai tingkatan.

Tidak hanya itu, kader PKK juga dituntut meningkatkan kemampuan managerial, sehingga berbagai program kegiatan yang dilaksanakannya dapat memberikan nilai yang lebih bagi kesejahteraan masyarakat.

Sementara Ketua Panitia Jambore PKK tingkat Provinsi NTB, Lilis Suryani yang juga ketua TP PKK Kabupaten Dompu menyampaikan apresiasinya karena Dompu ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan jambore PKK tingkat Provinsi NTB dan dihadiri oleh 2.290 kader PKK se NTB.

Berbagai kegiatan dilaksanakan selama jambore PKK dilaksanakan, mulai dari devile atau parade yel – yel kabupaten/kota menggunakan pakaian adat, sosialisasi bersih – bersih rumah, pameran kelompok UP2K PKK dan UMKM, pameran diversifikasi pangan. Lomba administrasi kelompok dasawisma, lomba penyuluhan, lomba membaca cerita, lomba masak makanan sehat bagi balita, lomba inovasi pengelolaan sampah hingga PKK Gatering dan penghijauan di Lakey kecamatan Huu. (ula)