Masyarakat Diminta Ikut Jaga Satwa Terancam Punah di Wilayah TNGR

Mataram (Suara NTB) – Masyarakat yang mengunjungi kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) diminta untuk ikut menjaga satwa yang berstatus terancam punah. Salah satu satwa yang memiliki status konservasi endangered atau terancam punah menurut Red List IUCN adalah monyet ekor panjang atau macaca fascicularis.

Kepala Balai TNGR Dedi Asriady mengatakan, monyet ekor panjang adalah salah satu primata yang hampir dapat dijumpai di seluruh kawasan TNGR.

Satwa ini hidup secara berkelompok dengan jumlah anggota kelompok dapat mencapai maksimal 50 individu.

Selain itu, satwa ini termasuk satwa kosmopolitan yaitu satwa yang dapat hidup, berkembang biak serta beradaptasi di berbagai macam tipe habitat.

“Meski berstatus satwa terancam punah, namun sering kali monyet ekor panjang ini dianggap sebagai satwa pengganggu maupun satwa hama,” ujar Dedi Asriady Kamis, 11 Agustus 2022.

Ia mengatakan, tidak jarang, monyet ekor panjang mengalami perubahan perilaku meskipun hidup di habitat alaminya. Perubahan perilaku tersebut terjadi karena ulah manusia atau pengunjung yang memberi makan sembarangan.

“Padahal hakikatnya, setiap satwa memiliki kemampuannya sendiri untuk mencari makan dan tidak bergantung kepada manusia,” ujarnya.

Fenomena perubahan perilaku pada monyet ekor panjang juga terlihat di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, salah satunya di lokasi Camp Area Plawangan Sembalun, Jalur Wisata Alam Pendakian Sembalun.

Berdasarkan laporan pengunjung, satwa ini sering mengacak-acak tenda dan tak jarang mengambil barang serta makanan pengunjung.

“Oleh karenanya, kami imbau kepada seluruh pengunjung kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani agar tidak memberi makan kepada satwa ini. Selain itu, diharapkan juga agar pengunjung Rinjani tetap waspada saat meninggalkan tenda serta selalu menjaga barang pribadi,” pesannya.(ris)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...