MAN 1 Mataram Ikuti Simulasi ANBK

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 45 orang siswa-siswi MAN 1 Mataram mengikuti Simulasi Asesemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Gelombang 2 pada pekan ini. Simulasi ANBK ini untuk mempersiapkan ANBK pada tahun 2022 ini.

Kepala MAN 1 Mataram, Dr. Lalu Sirajul Hadi, S. Ag., M.Pd., menjelaskan, simulasi dilaksanakan 8 Agustus 2022 hingga 11 Agustus 2022.

”Tujuan dari simulasi ini untuk melatih kesiapan proktor dan teknisi ANBK setiap madrasah, dan mengecek kondisi media ANBK di madrasah dalam persiapan pelaksanaan ANBK,” jelasnya.

Selain itu, simulasi ANBK untuk memastikan aplikasi yang digunakan pada pelaksanaan ANBK dapat berjalan dengan baik. Dengan begitu, pelaksanaan ANBK nantinya bisa berjalan dengan lancar.

Dikatakannya, ANBK merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan yang dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar di madrasah, yang keluarannya nanti disebut Raport Pendidikan madrasah.

“Asesmen yang diukur dalam kegiatan ini adalah Literasi Membaca dan Literasi Numerasi, Survei Karakter, serta Survei Lingkungan Belajar,” ungkap Sirajul Hadi.

Rangkaian kegiatan Asesmen Nasional ini ada beberapa tahapan, ke depan ada Gladi Bersih ANBK pada tanggal 22 Agustus sampai dengan 25 Agustus 2022, dan pelaksanaan ANBK jenjang SMA/MA/SMK pada tanggal 29 Agustus sampai dengan 1 September 2022.

Sirajul Hadi menambahkan, untuk mendukung pelaksanaan ANBK pihak Madrasah telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada PLN, Telkom dan pihak-pihak lain untuk tidak mengadakan kegiatan yang dapat menggangu kelancaran kegiatan ANBK.

Waka Kurikulum MAN 1 Mataram, Mahdi, M.Pd., mengatakan Kegiatan Simulasi ANBK di madrasah berjalan lancar walaupun ada sedikit kendala berupa gangguan internet dari pusat, sehingga menyebabkan pelaksanaan simulasi sempat terganggu namun sudah bisa diatasi.

Komponen asesmen nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Untuk AKM terdiri dari literasi dan numerasi. Survei karakter terdiri dari enam sub topik yang akan disurvei. Diharapkan dari hasil survei karakter akan keluar sebuah paradigma profil pelajar yang disebut profil pelajar Pancasila. Sementara, survei lingkungan belajar, berupa survei kondisi belajar, metode belajar, dan lainnya. (ron)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...