Perpustakaan Nasional Gelar Stakeholder Meeting di NTB

Mataram (Suara NTB) – Perpustakaan Nasional bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB menggelar Stakeholder Meeting Provinsi di Aston Inn Mataram, Kamis, 11 Agustus 2022. Kegiatan ini dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB Hj. Niken Widyawati Saptarini Zulkieflimansyah, Asisten III Setda NTB dr. Hj. Nurhandini Eka Dewi,SpA., Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus pada Perpustakaan Nasional Dr. Upriyadi, S.S, M.Si, Wakil Rektor III Prof. Dr. Enny Yuliani dan para pegiat literasi di daerah ini.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Upriyadi dalam sambutannya menekankan komitmen pihaknya dalam meningkatkan literasi masyarakat. Upaya melakukan pembinaan dan pengembangan perpustakaan terus dilakukan hingga ke daerah. Termasuk menginisiasi peranan semua pihak dalam pengembangan literasi masyarakat. Menurutnya dalam mengembangkan literasi ini, perpustakaan harus bersinergi dengan berbagai pihak, sehingga upaya yang dilakukan bisa maksimal.

Pustakawan Utama pada Perpustakaan Nasional ini juga mengharapkan keberadaan perpustakaan tidak hanya mencerdaskan, tapi bagaimana memberikan kesejahteraan pada masyarakat. Artinya, dengan membaca buku yang ada di perpustakaan, masyarakat terinspirasi untuk mengembangkan usahanya.

Selain itu, tambahnya, masyarakat yang datang ke perpustakaan tidak hanya sekali, tapi berkali-kali. Untuk itu, pengelola harus membuat perpustakaan menjadi lebih menarik, sehingga perpustakaan semakin ramai dikunjungi.

Pada bagian lain, pihaknya juga mengingatkan agar para pustakawan tidak pasif, tapi lebih aktif dalam menggiatkan literasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, terkait kegiatan Stakeholder Meeting Provinsi yang digelar ini mampu memberikan dampak positif terhadap pengembangan literasi masyarakat di daerah ini. Bahkan, saat ini Perpustakaan Nasional menggelar Stakeholder Meeting Provinsi di 33 provinsi.

Hal senada disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB Hj Niken Widyawati Saptarini Zulkieflimansyah yang menegaskan komitmen pihaknya dalam membantu pengembangan literasi di NTB. Bahkan, dalam setiap kunjungan ke masyarakat, dirinya selalu menanyakan terkait keberadaan perpustakaan di desa itu. Apalagi di program PKK ada program literasi.

Dari hasil kunjungan lapangan antusiasme pengurus PKK tingkat desa cukup tinggi dalam memajukan perpustakaan desa. Namun, banyak di antara anggota PKK desa yang belum tahu caranya. Untuk itu, perlu dilakukan sinergi dalam membantu mengembangkan perpustakaan desa, sehingga tingkat literasi masyarakat semakin tinggi.

Saat ini, tambah Bunda Literasi NTB, pihaknya sedang berikhtiar untuk menggerakkan membaca di kalangan keluarga. Hal ini penting dilakukan, terutama bagi anak -anak yang ada di lingkungan keluarga itu sendiri.

Tidak itu, dalam waktu dekat akan menggelar lomba bercerita bagi istri kepala desa. Dengan lomba seperti ini, paling tidak perhatian masyarakat hingga desa akan semakin maksimal dan anak -anak semakin tertarik untuk pergi ke perpustakaan. Kegiatan ini juga ditandai dengan penandatanganan piagam komitmen bersama dalam pengembangan perpustakaan di NTB. (ham)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...