Bupati KSB Hadiri Pertemuan Kelompok Kerja Pembangunan G20 di Bali

Taliwang (Suara NTB) – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) H. W. Musyafirin mendapat kesempatan menghadiri kegiatan 3rd G20 Development Working Group Meeting atau Pertemuan Kelompok Kerja Pembangunan G20 ke-3. Pada kegiatan yang dilaksanakan di Bali, pada, Selasa, 9 Agustus itu, orang nomor satu KSB ini hadir sebagai presentasi OGP (open government partnership) lokal tingkat Asia Pasifik yang sebelumnya menjadi juara Spot Light OGP terbaik tahun 2021 dengan program Forum Yasinan.

Pada partisipasinya dalam acara tersebut, bupati saat sesi dialog diberi waktu mempresentasikan mengenai program Yasinan yang selama ini telah diterapkan Pemda KSB sebagai salah satu instrumen pemerintahan di KSB.

Ia mengatakan, lewat forum tersebut Pemda KSB memberi ruang seluasnya bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi dalak setiap pengambilan keputusan pemerintah. “Forum yasinan kami jadikan kanal pengaduan masyarakat, sekaligus juga sebagai kanal pengambilan keputusan,” urai bupati di acara yang dihadiri sejumlah perwakilan negara dan pemerintahan G20 itu.

Untuk diketahui acara yang mengambil tema Mainstreaming Open Government Values in Governance and Sustainable Development (mengarusutamakan nilai-nilai pemerintahan terbuka dalam tata kelola dan pembangunan berkelanjutan) itu, merupakan rangkaian dari KTT Kepala Negara dan Pemerintahan G20 ke-17 yang akan berlangsung di Bali pada November mendatang.

Adapun kegiatannya diarahkan sebagai saluran berbagi pengalaman dan praktik para anggota OGP. Terutama bagaimana mempraktikkan pelaksanaan pemerintahan terbuka dalam rangka pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Sejumlah pembicara pun dihadirkan dalam acara tersebut. Diantaranya Aidan Eyakuze, Direktur Eksekutif Twaweza Afrika Timur, Dwi Wahyuni Katrianingsih, Direktur Pengembangan Iklim Usaha dan Kerjasama Internasional, Badan Pengadaan Umum Nasional (LKPP), Hendrar Prihadi, Walikota Semarang, Ronaldo U. Toledo hadir secara Online, Wakil Sekretaris, Departemen Anggaran dan Manajemen, Pemerintah, Nicholas Booth, Ketua Tim Tata Kelola Biro Asia UNDP, Sugeng Bahagijo hadir Online, dan Shita Laksmi Direktur Eksekutif Yayasan TIFA. (bug)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...