Tinggal Sehari, Minim, Pengisian Survei Lingkungan Belajar

Mataram (Suara NTB) – Pengisian survei lingkungan belajar bagian dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk jenjang SMA sederajat dijadwalkan dari Senin, 1 Agustus sampai dengan Kamis, 10 Agustus 2022. Seluruh kepala sekolah dan guru diwajibkan mengisi survei tersebut. Namun sayangnya hingga Selasa (9/8) atau satu hari sebelum ditutup, SMA yang telah mengisi survei lingkunga belajar relatif sangat sedikit.

Sekretaris Panitia Asesmen Nasional Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB tahun 2022, Purni Susanto pada Selasa, 9 Agustus 2022 mengatakan kepala sekolah dan guru yang mengisi survei lingkungan belajar masih sangat sedikit, padahal waktu mengisinya tinggal sehari atau ditutup pada Rabu, 10 Agustus.

“Rekap sekolah yang telah mengisi survei lingkungan belajar masih terbilang sangat sedikit. Kami berharap di hari ini (kemarin) dan besok grafiknya naik signifikan,” harap Purni yang juga Sub Koordinator Kurikulum Bidang SMA Dinas Dikbud NTB.

Survei ini sangat sangat penting karena merupakan salah satu indikator utama untuk menilai kinerja sekolah. Partisipasi sekolahpun harus maksimal, harus di atas 85 persen agar mendapatkan hak akses Rapor Pendidikan nantinya.

“Sekolah yang partisipasinya rendah, di bawah 85 persen kemungkinan tidak akan bisa mengakses rapornya nanti. Ini tentu akan berpengaruh ke depannya,” ujar Purni.

Berdasarkan data dari panitia ANBK, hingga Selasa, 9 Agustus 2022, survei lingkungan belajar jenjang SMA dari total 339 sekolah di NTB, baru 260 sekolah yang mengisi atau 76,70 persen. Untuk kepala sekolah, dari total 360 kepala sekolah SMA di NTB, yang mengisi baru 175 orang atau 48,61 persen. Sedangkan guru berjumlah 10.629, yang sudah mengisi sebanyak 5.735 atau 53,96 persen.

Ia memberikan catatan mengenai Survei Lingkungan Belajar tahun lalu. Banyak satuan pendidikan yang guru-gurunya kurang dari 80% mengisi survei. Banyak juga pertanyaan di survei yang diisi tidak lengkap. Banyak pertanyaan survei yang diisi asal-asalan atau jawaban tidak sinkron dengan isi. Juga survei dijawab di luar waktu yang sudah ditetapkan.

Demi tersajinya informasi hasil AN 2022 yang komprehensif, seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) jenjang pendidikan dasar dan menengah wajib mengisi jawaban dari seluruh pertanyaan di dalam survei. Pengisian Survei Lingkungan Belajar melalui laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/.

Jenjang SMA, SMK, SMALB, dan Paket C Sederajat dijadwalkan mengisi survei pada 1-10 Agustus 2022. SMP/SMPLB/Paket B sederajat pada 11-20 Agustus 2022. SD/SDLB/Paket A sederajat pada 22-31 Agustus 2022.

Untuk diketahui, komponen asesmen nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Untuk AKM terdiri dari literasi dan numerasi. Survei karakter terdiri dari enam sub topik yang akan disurvei. Diharapkan dari hasil survei karakter akan keluar sebuah paradigma profil pelajar yang disebut profil pelajar Pancasila. Sementara, survei lingkungan belajar, berupa survei kondisi belajar, metode belajar, dan lainnya. (ron)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...