Penyelenggaraan WSBK, UMKM Mataram Dipersiapkan Buka Lapak di Sirkuit Mandalika

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram sejak dini mulai mempersiapkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang akan berjualan di area Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah pada penyelenggaraan World Superbike (WSBK) pada bulan November mendatang. Produk yang dijual tidak hanya dari sisi kualitas rasa, melainkan pengepakan dan kelayakan harga.

Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Mataram, H. Lalu Fatwir Uzali menjelaskan, penyelenggaraan WSBK adalah event olahraga balap motor tingkat internasional, sehingga tidak bisa produk dari pelaku UMKM disiapkan yang biasa-biasa saja, melainkan perlu mempersiapkan produk yang luar biasa, bukan saja dari rasa, tetapi pengemasan, kelayakan dan harga.

Penyelenggara diharapkan bisa memberikan ruang yang lebih untuk pelaku UMKM dibandingkan tahun lalu. “Kita berharap sebanyak mungkin pelaku UMKM yang diakomodir di WSBK agar bisa berpartisipasi pada bulan November mendatang,” kata Fatwir dikonfirmasi, Selasa, 9 Agustus 2022

Menurutnya, lapak UMKM tidak hanya dipersiapkan di Sirkuit Mandalika. Pelaku UMKM yang tidak bisa diakomodir juga akan dipersiapkan di beberapa lokasi di Kota Mataram. Pengalaman WSBK di tahun 2022, banyak penonton pulang tengah malam dan kelabakan mencari makanan dan sentra industri oleh-oleh.

Rencananya, Pemkot Mataram akan menyiapkan UMKM khusus pangan maupun sentra oleh-oleh dari ujung Cakranegara sampai Ampenan. Langkah ini untuk mempermudah wisatawan memilih makanan yang diinginkan, termasuk membeli souvenir. “Kalau kita perhatikan tahun lalu banyak penonton yang kelabakan mencari makanan dan oleh-oleh. Tahun ini, kita mau itu terjadi lagi dan jangan sampai penonton kelaparan. Untuk beli bakso saja mereka harus mengantri,” ujarnya.

Pihaknya sudah memberikan pembinaan kepada UMKM seperti pelatihan, pengembangan konsep penjualan dan lain sebagainya. Mereka juga didorong untuk memasarkan produk secara online. Kaitannya dengan penempatan pelaku UMKM di Sirkuit Mandalika. Pelaku usaha akan dikelompokkan jadi satu. Pasalnya, sewa lapak di sana relatif mahal, sehingga tidak mungkin akan dibebankan hanya satu orang pelaku UMKM saja. (cem)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...