Pencatutan Anggota Parpol, Bawaslu dan KPU NTB Serukan Masyarakat Aktif Cek Namanya

Mataram (Suara NTB) – Masyarakat diminta untuk aktif dalam mengawal pelaksanaan tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu 2024 yang sedang berlangsung. Partisipasi masyarakat dinilai sangat penting karena adanya potensi pencatutan keanggotaan yang dilakukan oleh parpol. Pasalnya indikasi pencatutan keanggotaan parpol tersebut sudah terdeksi oleh KPU maupun Bawaslu.

Demikian perbicangan yang mengemuka dalam acara “Ngopi dan Diskusi Senja” KPU Provinsi NTB yang mengusung tema peran serta stakeholder dalam tahapan pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2024, di Mataram pada Selasa (9/8) kemarin.

Diskusi tersebut mendaulat Ketua Bawaslu Provinsi NTB, Muhammad Khuwailid sebagai pembicara dan anggota KPU Divisi Tekhnis, Zuriati. Sementara menjadi peserta diskusi tersebut mengahdirkan sejumlah jurnalis politik di Mataram. Sejumlah komisioner KPU Kota Mataram juga turut hadir.

Pada kesempatan itu anggota KPU NTB, Zuriati menyampaikan bahwa sampai saat ini sejumlah penyelenggara pemilu telah terdeteksi namanya dicatut sebagai anggota partai politik. Di KPU NTB saja tercatat ada lima staf KPU yang terdeteksi sebagai anggota parpol.

“Di KPU Lombok Timur kami dapat laporan ada satu orang staf terdaftar di Sipol sebagai anggota parpol. KPU Sumbawa dua orang, Dompu satu orang dan Lombok Tengah satu orang,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Zuriati bahwa para staf KPU yang terdaftar namanya sebagai anggota parpol tersebut tidak otomatis benar menjadi anggota partai politik. Pasalnya mereka tidak mengetahui data dirinya didaftarkan sebagai anggota parpol.

Nah ini yang perlu diperhatikan ketika ada nomor NIK-nya terdaftar parpol lalu otomatis jadi anggota parpol, tidak. Nah mereka yang tidak mengetahui dirinya terdaftar sudah melapor, karena mereka bukan berarti anggota parpol,” jelasnya.

Maka dari itu, Zuriati menyerukan kepada masyarakat agar ikut mengecek namanya apakah dirinya terdaftar atau tidak sebagai anggota parpol. Jika menemukan namanya terdaftar tapi merasa tidak pernah menjadi anggota parpol, maka bisa melapor. “Dari temuan ini, maka tidak tertutup kemungkinan juga banyak masyarakat yang mungkin tidak mengetahui dirinya terdaftar sebagai anggota partai politik. Sehingga masyarakat bisa melapor untuk dihapus namanya,” kata Zuriati.

Sementara itu, Ketua Bawaslu NTB, Muhammad Khuwailid menyampaikan bahwa sampai saat ini sudah mendapatkan laporan terdaftar sejumlah staf Bawaslu di kabupaten/kota yang terdaftar sebagai anggota parpol.

“Dua orang staf Bawaslu Provinsi terdaftar sebagai anggota parpol di Sipol, kemudian satu orang di Bawaslu Kota Bima, dua orang di Kota Mataram, satu orang di Loteng dan satu orang di Sumbawa,” sebutnya. Dari kasus tersebut, Khuwailid menekankan pentingnya masyarakat berpartisipasi aktif dalam mengecek namanya di Sipol apakah terdaftar atau tidak sebagai anggota parpol. “Itulah kenapa menjadi penting publik itu terlibat secara aktif pada tahapan ini,” pungkasnya. (ndi)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...