Pabrik Pengolahan Ikan Bantuan Kemendes Mangkrak di Desa Pijot

Selong (Suara NTB) – Sebuah pabrik pengolahan ikan Bantuan Kementerian Pedesaan, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tahun 2018 di Desa Pijot Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mangkrak. Bangunan senilai ratusan juta untuk mengolah ikan jadi sosis, pabrik pakan ikan ini terlihat tidak terurus.

 

Kepala Desa Pijot, Abdurrahman saat dikonfirmasi mengakui keberadaan pabrik tersebut. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi tiga desa di wilayah Keruak, yakni Desa Pijot, Desa Tanjung Luar dan Ketapang Raya.

 

Pihaknya  ingin menghidupkan kembali pabrik tersebut. Yakni akan coba digunakan untuk membuat sosis, nugget, bakso ikan dan bahan makanan lainnya. Termasuk pakan ikan bahan baku dedak dan tepung. Bahkan, pihaknya sudah melakukan pelatihan, namun tidak ada tindak lanjut sampai sekarang, lantaran modal penyertaan dari tiga desa belum ada.

 

Abdurrahman menyebut bantuan tersebut belum bisa beroperasi sejak berdirinya. Hal ini karena terbentur dana operasional. Pasalnya, bangunan bantuan Kemendes tersebut harus dioperasikan oleh tiga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pengelolaannya memalui BUMDes bersama

 

Karena lokasi pabrik kecil ini berada di wilayah Pijot, sehingga pihaknya ingin mengelola secara mandiri. ” Seandainya desa lain tidak mau, maka kita rencana akan kelola sendiri,” paparnya.

 

Diakuinya, pada 2019 yang lalu banyak kades berakhir masa jabatannya. Akibatnya, pabrik BUMDes bersama ini menjadi tidak terurus.

 

Dituturkan, pada awal pengoperasian disepakati modal awalnya dari tiga desa Rp 50 juta. Terkumpul Rp 150 juta. Namun karena sejumlah kendala tersebut, sehingga kegiatan pengoperasian pabrik tidak bisa berjalan. (rus)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...