Lobar akan Pasang 12 Ribu Titik Lampu PJU

0
Bupati Lobar H Fauzan Khalid bersama jajaran saat bertemu dengan PT SEI membahas mengenai KPBU-PJU

Giri Menang (Suara NTB) – Pemenang tender pengerjaan proyek KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha), PT Surya Energi Indotama (PT. SEI) untuk pemasangan penerang jalan umum (PJU), melakukan pertemuan dengan Bupati Lombok Barat (Lobar), H Fauzan Khalid pada Senin, 9 Agustus 2022. Tujuan dari kunjungan ini ialah untuk membahas mengenai KPBU-PJU, Menuju Lombok Barat Terang Benderang.

Hadir mendampingi Bupati, antara lain Sekda H. Baehaqi , Asisten II Daerah Rusditah, Kepala OPD, Direktur PT. SEI Bandung, Bambang Iswanto serta jajarannya.

Bupati melalui Asisten II Setda Lobar, selaku tim KPBU-PJU Kabupaten Lobar menyampaikan bahwa Pemkab Lobar masih harus banyak belajar dalam membuat rencana mengenai KPBU, karena KBPU ini merupakan yang pertama di Indonesia sehingga belum dapat melihat contoh daerah lain.”Kami harus detail dan tentunya bantuan dari Menteri ESDM yang telah membantu kami dalam memastikan bahwa Lobar telah berada pada jalur yang tepat,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan sejumlah 12.005 titik PJU, tentunya membutuhkan anggaran yang cukup besar. Hal itu tentu sebagai langkah maju pemkab dalam menerangi Lobar.Iaberharap agar progres KPBU ini dapat berjalan dengan maksimal dan tetap mengacu pada aturan.

“Oleh karena itu kedepannya kita akan terus berkonsultasi dan meminta arahan dari Kementerian ESDM agar program ini dapat berjalan maksimal dan sesuai aturan yang berlaku.Tentu ini sebagai bentuk komitmen pemda dalam menerangi Lombok Barat,” terangnya.

Direktur PT. SEI menambahkan karena program KBPU ini merupakan yang pertama di Indonesia, tentunya akan melalui sejumlah tahapan dan tentu akan ada kendala yang akan dihadapi. Hal ini karena belum ada daerah yang dapat dijadikan rujukan atau contoh dalam pelaksanaan KPBU ini. “Meskipun dihadapkan oleh banyaknya kendala, kami akan tetap memegang komitmen kami dalam melayani dan bekerjasama dengan Pemkab Lobar,” tegasnya. (her)