Dinilai Inovatif, Pemda KLU Raih Penghargaan INAGARA AWARD Tahun 2022

Tanjung (Suara NTB) – Dinilai sebagai daerah Inovatif, Lembaga Administrasi Negara (LAN) mengganjar Pemerintah Kabupaten Lombok Utara dengan penghargaan INAGARA AWARD Tahun 2022. Penghargaan diberikan bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 LAN, di Jakarta, Selasa, 9 Agustus 2022.

Rilis Prokopim Setda KLU usai menghadiri serah terima penghargaan di Jakarta, menyebutkan, penyerahan penghargaan dilakukan di aula Agus Dwiyanto, Kantor LAN di Jakarta. Penghargaan diterima langsung Bupati, H. Djohan Sjamsu, SH., dari Plt. Menteri PAN RB, Prof. Dr. H. M. Mahfud, MD, SH., SU., MIP.

Penghargaan INAGARA merupakan penghargaan bagi daerah karena dianggap berhasil mengembangkan inovasi pelayanan di daerah masing-masing. Pemda Lombok Utara sendiri, melaunching Laboratorium Inovasi Pemerintah Daerah terhadap setiap inovasi yang diprogramkan pada periode Tahun 2021 dan 2022. Sebelum itu, banyak inovasi yang dilakukan namun tidak tercatat dalam lembaran arsip pemerintah daerah.

Plt. Menpan-RB Mahfud MD, menyampaikan selamat ulang tahun yang ke- 65 kepada lembaga administrasi negara yang ke- 65 tahun. Lembaga LAN melalui proses yang panjang sejak dibentuk pada 6 Agustus 1957, Dimana LAN mendapat amanat untuk menyelenggarakan dan mengawasi pendidikan dan latihan pegawai negeri sipil atau calon pegawai negeri sipil.

“Harapannya adalah agar pegawai negeri sipil itu menjadi tenaga administrasi negara yang mempunyai kepribadian dan kecakapan,” terangnya.

LAN juga berperan didalam memajukan Ilmu administrasi negara di Indonesia sehingga tugas fungsi dan kewenangan LAN itu dipertegas di dalam undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara.

Sementara, Kepala LAN RI, Dr. Adi Suryanto menyampaikan dengan semakin kompetitif kemajuan teknologi serta tantangan global, megatren, dan kemunculan pandemi Covid, menuntut inovasi pelayanan pejabat daerah untuk beradaptasi dengan perubahan dan tantangan.

Mendorong inovasi-inovasi itu muncul berkembang di birokrasi, LAN memiliki program dengan laboratorium inovasi sekitar 215 daerah kabupaten/kota yang sudah menjalin MoU dengan LAN untuk mengembangkan inovasi-inovasi daerah.

“Alhamdulillah tembus 30.000-an (inovasi). Ini punya arti yang sangat strategis membantu Kemenpan RB untuk terus-menerus mengembangkan inovasi pelayanan publik,” tuturnya.

Selain Kabupaten Lombok Utara terdapat  10 pemerintah daerah dari 11  pemerintah daerah nominator, dinyatakan dapat menerima INAGARA AWARD Tahun 2022, yaitu Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Pemerintah Kabupaten Pemalang, Pemerintah Kabupaten Sorong, Pemerintah Kabupaten Subang, Pemerintah Kabupaten Tegal dan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una serta Pemerintah Kota Tegal.

Kesempatan terpisah, Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH., mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada LAN yang telah memberikan penghargaan bahkan mendampingi segenap OPD Pemda KLU dari awal pengembangan inovasi. Ia berharap, inovasi yang sudah dan akan muncul dapat meningkatkan daya saing Kabupaten Lombok Utara.

“Melalui inovasi kita berupaya menghadirkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan cara-cara baru. Sebagai contoh, Pelayanan Arsip Keliling, mungkin di suatu tempat pelayanan kearsipan hanya bisa dilakukan di kantor arsip, namun yang terlihat dari ide inovasi  adalah dengan turun ke lapangan dan membangun kesadaran serta literasi terhadap kearsipan,” ucapnya.

Djohan menegaskan, inovasi adalah suatu keharusan yang mesti dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemajuan daerah. Bupati mencatat, seluruh OPD di KLU telah melahirkan 71 ide inovasi pelayanan sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Kami meyakini bahwa dengan adanya inovasi-inovasi ini nantinya akan dapat membawa perubahan serta inovasi menjadi pemicu semangat agar daerah kita keluar dari daerah tertinggal,” demikian Djohan. (ari)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...