11.463 Ton Beras Menumpuk, Bulog Bima Khawatir Tak Optimal Serap Beras Petani

Bima (Suara NTB) – Perum Bulog Bima dipastikan tidak akan optimal menyerap beras dan gabah petani saat musim panen. Pasalnya hingga saat ini kurang lebih sebanyak 11.463 ton beras, masih menumpuk di gudang.

“Saat ini ada 11.463 ton beras masih  menumpuk di gudang. Kalau tak berkurang dampaknya terhadap penyerapan,” Kepala Perum Bulog Bima, Wilya Fatayani.

Lebih lanjut Ia mengatakan penumpukan beras di gudang tersebut terjadi karena berbagai faktor. Yang pertama, dampak mulai dihentikannya program bantuan beras sejahtera (renstra) sejak tahun 2021 silam. “Dampak dihentikannya program Renstra sejak tahun 2021,” ujarnya.

Faktor lain lanjut dia, tidak ada lagi tempat penyaluran atau penjualan. Kata dia, Operasi Pasar (OP) yang digelar bersama pihak-pihak terkait selama ini juga tidak maksimal. Sebab warga lebih cenderung membeli minyak goreng ketimbang beras. “Untuk mengurangi penumpukan beras, kita harapkan ada MoU dengan Pemerintah Daerah. Tapi sampai sekarang belum ada, karena belum ada regulasinya,” ujarnya.

Karena beras surplus, Wilya mengaku pihaknya meminta ke Pemerintah Pusat agar dikirim ke NTT. Permintaan itu membuahkan hasil, sebanyak 1.500 ton beras dikirim ke kantor Bulog Cabang Waikabubak dan Waingapu. “1.500 ton yang sudah dikirim. Ini pengiriman perdana ke NTT tahun 2022,” ujarnya.

Ia menambahkan, jumlah beras yang ada di gudang Bulog saat ini, cukup untuk kebutuhan selama 30 bulan kedepan bagi tiga daerah wilayah kerja Bulog Bima yakni Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu. “Kebutuhan tiga daerah hanya 6.000 ton satu tahun,” pungkasnya. (uki)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...