NTB Alokasikan Sebagian DBCHT untuk Bantuan Modal dan Peralatan Wira Usaha

Mataram (Suara NTB) – Kesejahteraan petani dan buruh tani tembakau menjadi perhatian besar dari pemerintah, baik pusat maupun daerah. Melalui anggaran DBHCHT tahun 2022 ini Gubernur NTB telah mengalokasikan sebagian DBCHT untuk bantuan peralatan wira usaha bagi putra-putri petani dan buruh tani tembakau yang memenuhi syarat.

‘’Tahun ini selain kita mengalokasikan DBCHT untuk program JKK dan JKM bagi 10 ribu orang petani dan buruh tani tembakau, memberikan pelatihan keterampilan bagi keluarga petani/buruh tani tembakau, kita juga memberikan bantuan modal usaha dalam bentuk peralatan untuk berwira usaha bagi para alumni pelatihan kerja yang belum terserap dalam pasar kerja,’’ ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos, M.H saat membuka acara Sosialisasi Pemberian Bantuan Modal Usaha Dalam Bentuk Peralatan Program Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCHT) Tahun 2022 di Gerung, Lombok Barat, Senin, 8 Agustus 2022.

Peserta pelatihan serius mengikuti Sosialisasi Pemberian Bantuan Modal Usaha Dalam Bentuk Peralatan Program Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCHT) Tahun 2022 di Gerung, Lombok Barat, Senin, 8 Agustus 2022. (Suara NTB/ist)

Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan informasi terkait petunjuk teknis penyusunan proposal bantuan modal usaha dalam bentuk peralatan dan merupakan tindak lanjut kegiatan verifikasi dan klarifikasi data yang telah dilakukan oleh Disnakertrans Provinsi NTB.

Sosialisasi ini diikuti oleh 20 orang pemuda dan pemudi Desa Kebon Ayu yang merupakan alumni sekolah kejuruan dan lulusan pelatihan kerja baik yang dilakukan oleh BLK dan LLK maupun lulusan Pelatihan LPKS dan BLK Komunitas dengan skill/kejuruan di bidang menjahit, tata boga, las dan perbengkelan otomotif.

Ada tujuh tahapan pemberian bantuan modal usaha dalam bentuk peralatan program DBHCHT. Yaitu, verifikasi, sosialisasi, penyusunan proposal, verifikasi proposal, penyerahan bantuan, pelaporan, monitoring dan evaluasi.

Berdasarkan data statistik, terdapat lebih dari 45 ribu orang  petani dan buruh tani tembakau di NTB. Dari jumlah tersebut, sekitar 20 ribu lebih berada di Lombok Timur. Kemudian belasan ribu di Loteng dan sisanya di Lombok Barat dan KLU. Sedangkan, di Pulau Sumbawa sebanyak 2 ribu orang dengan jumlah terbesar berada di Kaupaten Dompu.

‘’Juli kemarin, BLKDLN Provinsi NTB telah membuka satu paket kejuruan las dengan pembiayaan melalui anggaran DBHCHT yang diikuti oleh 16 orang berasal dari Desa Gontoran yang merupakan daerah penghasil tembakau,’’ ujarnya.

Tujuan diadakannya pelatihan adalah adalah memberikan dan meningkatkan keterampilan dan kompetensi daya saing bagi keluarga petani dan buruh tani yang nantinya dapat mengurangi pengangguran angkatan kerja dan meningkatkan kesejahteraan angkatan kerja. Begipula dengan adanya bantuan modal usaha dalam bentuk peralatan dapat membuka pikiran keluarga petani dan buruh tani tembakau agar memiliki visi ke depan untuk menjadi pengusaha yang profesional dan kompeten.

“Mari kita mengubah mindset bahwa keluarga petani dan buruh tani tembakau tidak selamanya hanya menjadi petani tembakau saja. Tetapi bisa juga menjadi pengusaha. Dengan skill yang baik dan ketersediaan modal usaha berupa peralatan adalah kunci menjadi pekerja mandiri,’’ ujar Gede. (*)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...