Daftar Haji Sekarang, Berangkat 35 Tahun Lagi

Praya (Suara NTB) – Daftar tunggu haji di Provinsi NTB kian panjang. Hal itu dikarenakan semakin banyak masyarakat di daerah ini yang mendaftar untuk berangkat menunaikan ibadah haji. Di mana hingga saat ini daftar tunggu haji di NTB sudah mencapai 35 tahun. Itu artinya, jika mendaftar haji tahun ini maka akan baru bisa berangkat 35 tahun lagi.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB, Dr. KH. Zaidi Abdad, kepada wartawan usai kegiatan Rahman Rahim Day di halaman masjid Agung Lombok Tengah (Loteng), Senin, 8 Agustus 2022, panjangnya daftar tunggu haji di NTB menunjukkan minat masyarakat di daerah ini untuk naik cukup tinggi. Ditunjang pula dengan kondisi ekonomi masyarakat yang juga baik.

“Banyaknya orang yang mendaftar untuk naik haji, selain menunjukkan minat yang tinggi untuk naik haji. Juga karena kondisi ekonomi masyarakat di daerah ini rata-rata sudah baik. Sehingga mampu untuk mendaftar haji,” sebutnya.

Meski tidak menyebut angka secara rinci, Zaini mengaku kalau Loteng serta Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menjadi daerah dengan jumlah pendaftar haji tertinggi di NTB. Mengingat, dua kabupaten tersebut merupakan daerah dengan jumlah penduduk terbanyak di NTB. Baru kemudian diikuti oleh daerah-daerah lainnya.

Disinggung upaya untuk memangkas daftar tunggu haji, Zaini mengaku pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Mengingat, kebijakan soal haji sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat. Dalam artinya, untuk bisa mengurangi panjanga daftar tunggu haji, solusinya yakni dengan menambah alokasi jumlah calon haji yang diberangkatkan pada musim haji. Tapi itu semua menjadi kebijakan pusat.

Pada musim haji tahun ini saja, pemerintah pusat memberikan alokasi kuota calon haji sekitar 2.200 orang. Jumlah tersebut hanya separuh dari alokasi kuota calon haji pada musim-musim haji sebelum pandemic Covid-19 yang menjadi angka 4.000 lebih calon haji. “Harapan kita pada  musim haji ditahun-tahun selanjutnya kita bisa mendapat alokasi calon haji lebih besar paling tidak 5.000 calon haji. Dengan begitu, bisa mengurangi panjanganya daftar tunggu haji di NTB,” imbuhnya.

Adapun terkait pelaksaa musim haji tahun ini, ia menegaskan secara umum berjalan lancer. Semua jemaah haji asal NTB pun sudah kembali ke daerahnya masing-masing. Terakhir, jemaah haji kloter 8 NTB yang tiba pada Senin pagi tadi (kemarin,red). “Kita patut  bersyukur, pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan aman dan lancer,” tutupnya. (kir)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...