Kepala Sekolah dan Guru Harus Bersosialisasi dengan Masyarakat

Taliwang (Suara NTB) – Kepala sekolah dan guru sebagai penyelenggara pendidikan diharapkan tidak sekedar menyibukkan diri di sekolah. Namun mereka juga diharuskan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar lingkungan sekolahnya.

“Saya perhatikan sekarang ini ada yang kurang dari kepala sekolah dan guru. Mereka jarang berinteraksi dengan masyarakat sekitar,” cetus Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin di sela sambutannya pada acara pelantikan kepala sekolah, Jumat lalu.

Seorang pendidik adalah juga bagian dari masyarakat. Karena itu kata Wabup, akan terasa aneh jika ada kepala sekolah atau guru yang acuh dengan keadaan lingkungan sekitar sekolah tempatnya mengabdi. Sebab kondisi ekternal sekolah turut menunjang kondusifitas kegiatan belajar mengajar. “Kalau misalnya ribut di luar sekolah sana, apa enak belajar? Kan tidak,” tandasnya.

Dalam berinteraksi di tengah masyarakat, kepala sekolah maupun guru diharapkan tetap menjaga etika. Kata Wabup, jangan mentang-mentang menjadi pimpinan sekolah sehingga apapun kegiatan masyarakat di luar lingkungan sekolah tidak diindahkan. “Bapak ibu kepala sekolah dekati juga para tokoh yang ada di lingkungannya. Ajak komunikasi siapa tahu dari situ bisa didapatkan solusi permasalahan yang dihadapi sekolah,” timpalnya.

Selanjutnya khusus bagi kepala sekolah yang baru dilantik, Wabup mengingatkan, bahwa jabatan tersebut merupakan amanat. Sebab itu selama menjalankan tugasnya agar dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. “Selalu ikuti aturan dan jangan semena-mena,” tegasnya.

Pada bagian lain, Wabup tak lupa menugaskan para kepala sekolah mendata kebutuhan guru dan tenaga kependidikan di sekolahnya masing-masing. Menurutnya, saat ini pemerintah tengah berupaya melaksanakan pemerataan sumber daya manusia (SDM) penyelenggara di tiap satuan pendidikan (sekolah). “Kebetulan ada pak Malik (kepala BKPSDM) di sini. Nanti kalau sudah dilakukan pendataan serahkan ke beliau hasilnya. Kita harus bisa segera mendistribusikan SDM-nya supaya tidak ada yang menumpuk atau mengalami kekurangan di satu sekolah,” pungkasnya.(bug)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

0
Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik yang...

Latest Posts

Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus pada Program Uji Coba Kompor Listrik

Jakarta (suarantb.com) - PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha...

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah hingga Hasilkan Energi Terbarukan

Mataram (Suara NTB)-PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan...

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Jakarta (suarantb.com)— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau...

Kendalikan Harga, Bulog Targetkan 32 Juta Kg Beras untuk Operasi Pasar

GUNA menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras,...

Gubernur NTB Tutup Festival Balap Sampan Tradisional

Festival Balap Sampan Tradisonal se-Pulau Lombok di Desa Pare...