Tekanan Inflasi dari Komoditas Pangan Strategis Menuju Normal

0
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Heru Saptaji dan Wakil Walikota Mataram, TGH. Mujiburrahman memantau harga komoditas pangan strategis di Pasar Kebon Roek, Jumat, 5 Agustus 2022. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Heru Saptaji beserta jajaran dan Wakil Walikota Mataram, TGH. Mujiburrahman beserta jajaran melakukan pemantauan harga di Pasar Kebon Roek, Kota Mataram, Jumat, 5 Agustus 2022.

Pemantauan harga dilakukan, terutama pada kebutuhan – kebutuhan pangan strategis. Pemantauan ini juga dilakukan sekaligus untuk merumuskan kebijakan dalam rangka menekan terjadinya inflasi berlebih akibat kenaikan harga-harga.

Heru Saptaji dalam kesempatan ini menyampaikan, pemantauan harga di pasar tradisional adalah barometer untuk melihat sejauh mana dampak kegiatan pasar murah yang selama ini rutin dilakukan di Kota Mataram.

“Karena pasar murah tidak berhenti pada pelaksanaan yang sudah dilakukan. Berikutnya tetap dilakukan, dan seterusnya sampai satu bulan ini,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pemantauan harga, Heru Saptaji menegaskan, tekanan inflasi dari komoditas pangan strategis, seperti cabai rawit, bawang merah, tomat dan sayur-sayuran, telur ayam ras, daging, ikan, minyak goreng terus mereda dan harga kembali menuju normal, seiring dengan awal musim panen komoditas-komoditas tersebut di beberapa sentra produksi seperti di Lombok Timur (Cabai) dan di Bima (bawang merah).

Diperkirakan seiring dengan musim panen raya dalam beberapa minggu ini dan ke depan, harga-harga komoditas pangan musiman (fluktuatif) ini, kata Heru, akan terus menurun signifikan, dan kembali ke harga normalnya.

“Guna mengakselerasi hal tersebut, BI, Bulog, dan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) di Kota Mataram akan terus melakukan OPM (Operasi Pasar Murah) terhadap komoditas-komoditas terkait, guna mengendalikan tekanan inflasi dari sisi volatile food inflation ini,” demikian Heru Saptaji.

Harapannya, stabilitas harga pangan akan terjaga dengan baik. dan harga – harga kembali normal dengan intervensi kebijakan yang dilakukan bersama.

Sebelumnya, Wakil Walikota Mataram, TGH. Mujiburrahman menyampaikan, Pemkot Mataram bekerjasama dengan Bank Indonesia menggelar kegiatan-kegiatan operasi pasar rakyat. Tersebar disejumlah titik di kecamatan-kecamatan di Kota Mataram.

Upaya dilakukan dalam jangka panjang, menengah dan jangka panjang. Progress dari upaya tersebut menurutnya sudah berjalan cukup bagus.  “Jadi kehadiran kegiatan – kegiatan ini memastikan bahwa pemerintah hadir disaat harga-harga seperti ini. dan pemerintah sudah pasti hadir dalam jangka pendek, hingga jangka panjang,” ujarnya.(bul)