Sekretaris Utama BIN Beri Kuliah Umum di Acara PKKMB Unram

0
Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN), Komjen Pol. Bambang Sunarwibowo memberikan kuliah umum saat PKKMB Jalur SBMPTN Unram di Gedung Auditorium M. Yusuf Abubakar, Jumat, 5 Agustus 2022.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –  Sekretaris Utama (Sestama) Badan Intelijen Negara (BIN), Komjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum., memberikan kuliah umum pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Jalur SBMPTN Universitas Mataram (Unram) di Gedung Auditorium M. Yusuf Abubakar, Jumat, 5 Agustus 2022.

Kedatangan Komjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum., ke Unram mendapatkan sambutan hangat dari Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr. ST. Ph.D., berserta jajaranya.

Prof. Bambang mengatakan jika kehadiran Komjen Pol. Bambang merupakan suatu kehormatan bagi Unram yang merupakan universitas terbaik di Nusa Tenggara Barat. Kendati demikian, Unram terus berupaya untuk meningkatkan peringkat di tingkat nasional.

“Anak-anak muda di hadapan kita adalah anak muda terbaik yang hadir hampir dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka lulus melalui jalur seleksi nasional yakni jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan jumlah penerimaan sebanyak 2.974 orang,” ujar Prof. Bambang saat menerima Sestama BIN di Gedung Auditorium M. Yusuf Abubakar.

Dalam kesempatan ini, Komjen Pol. Bambang, menyampaikan kuliah umum dengan tema Akrobatik Kampus dan Civitas Akademika di Era Revolusi Industri 4.0 Serta Pandemi Covid-19.

“Kampus dan sivitas akademika tidak bisa hanya melakukan hal-hal yang normal atau biasa-biasa saja. Melainkan harus melakukan akrobat (lompatan-red) yaitu sesuatu yang ‘luar biasa’ bersama dunia industri,” ujarnya.

Komjen Pol. Bambang juga menegaskan bahwa kreativitas, inovasi, kritis, semangat militan dan relasi global merupakan kunci untuk memberikan pertunjukan akademik yang hebat dan mengagumkan masyarakat akademik global sehingga lulusannya ‘laku’ di dunia kerja.

Selain itu, Jenderal Polisi Bintang Tiga itu menyampaikan 7 Kemampuan Modal ”Akrobatik” agar dapat memenangkan persaingan di era industri revolusi 4.0 dan society 5.0 yaitu,  adaptif dan responsif, perencanaan dan aksi, berpikir kritis dan solutif, kolaboratif dan komunikatif, kreatif dan inovatif, bekerja individu maupun teamwork, dan keseimbangan IQ, EQ, dan SQ.

Di akhir paparannya, Komjen Pol. Bambang memotivasi mahasiswa baru Unram dengan mengutik kata-kata bung karno, “Mimpilah setinggi langit, karena kalau kamu jatuh, akan jatuh di antara bintang-bintang,” pungkasnya. (ron)