Ruas Jalan Segara Katon – Gondang Rusak Parah

0
Pengendara motor melintas di ruas jalan kabupaten penghubung Segara Katon - Gondang yang telah lama mengalami kerusakan, Jumat, 5 Agustus 2022. (Suara NTB/ari)
ads top adsamman

Tanjung (Suara NTB) – Salah satu ruas jalan strategis penghubung Desa Segara Katon – Desa Gondang, kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU), rusak parah. Akses jalan ini hanya tersentuh oleh lapen sekitar tahun 2012, dan belum mendapat dukungan hotmix hingga saat ini.

Salah satu pengguna jalan ini, Heri, Jumat, 5 Agustus 2022 mengakui sangat berharap pemerintah dapat memperbaiki kualitas jalan penghubung ini. Pasalnya, akses jalan ini cukup banyak dilewati oleh warga untuk aktivitas ekonomi, pendidikan maupun kesehatan.

“Jalan ini sudah lama rusak parah. Di bagian tanjakan, badan jalannya tersisa debu, tidak ada aspal,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas PUPR KLU, Bambang Gunawan, tak menyangkal kondisi jalan tersebut. Kepada Suara NTB, Jumat (5/8), Bambang mengungkapkan jika jalan penghubung lintas kecamatan dan desa itu berstatus Jalan Kabupaten. Hanya saja, intervensi anggaran tidak bisa diusulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Jalan itu sudah masuk SK Jalan Kabupaten. Tetapi karena ruas jalannya pendek, sekitar 600 meter, maka tidak bisa diusulkan melalui DAK, harus DAU,” ungkap Bambang.

Bambang menyebut, penanganan anggaran jalan melalui DAU bergantung pada kebijakan Bupati. Sangat memungkinkan mendapat penanganan cepat, kata dia, jika dukungan politik anggaran juga datang dari legislatif.

“Harusnya penanganan jalan ini m usulan di Musrenbang sebagai dasar untuk mendorong TAPD. Tetapi setahu saya, jalan ini tidak pernah masuk Musrenbang,” cetusnya.

Pada Musrenbang yang lalu, dikuatkan Bambang, ada 2 ruas jalan di wilayah Kecamatan Gangga yang masuk dalam usulan, sekaligus mendapat dorongan politik salah satu anggota DPRD.  Kedua ruas itu yaitu, Paok Rempek – Monggal, dan ruas Gitak Demung – Rempek.

“Kalau dua ruas ini, dukungan politik gak ada. Kemungkinan besar, dua ruas ini akan ditangani 2023,” sambungnya. Ia menyebut, intervensi anggaran untuk ruas Segara Katon – Gondang di Dusun Sembaro – Dusun Gondang Timur, tidak besar. Dengan prioritas hotmix badan jalan dan rabat saja, menghabiskan sekitar Rp1 miliar. Anggaran bisa lebih besar apabila ditambah dengan prasarana jalan lain di ruas tersebut.

“Harga satuan sekarang, 1 kilo meter hotmix memerlukan Rp2,7 miliar. Karena panjang ruas 600-an meter, saya kira Rp1 miliar masih bisa,” pungkas Bambang. (ari)