Ekonomi NTB Tetap Tumbuh, Tren Kenaikan Inflasi Harus Dikendalikan

Mataram (Suara NTB) – Ekonomi Provinsi NTB pada triwulan II-2022 terhadap triwulan sebelumnya mengalami pertumbuhan sebesar 5,04 persen (q-to-q) sesuai dengan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), Jumat, 5 Agustus 2022. Sementara triwulan II-2022 terhadap triwulan II-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,99 persen (y-on-y). Dari sisi produksi, Lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 34,97 persen.

Terkait dengan hal tersebut, pengamat Ekonomi dari Universitas Mataram (Unram) Dr. M Firmansyah mengatakan, tumbuhnya perekonomian NTB di tengah situasi perekonomian dunia yang mengkhawatirkan telah memunculkan optimisme bahwa ekonomi NTB terhindar dari jebakan stagflasi. Stagflasi bisa diartinya sebagai situasi inflasi tinggi dan kontraksi terjadi bersamaan yang memperlambat pertumbuhan ekonomi.

“Harus tetap dijaga pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, yaitu banyak sektor potensial yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi kita ini,” ujar M Firmansyah kepada Suara NTB, Jumat, 5 Agustus 2022.

Sejumlah sektor potensial yang diharapkan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi seperti sektor pertanian, industri perdagangan atau yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

Menurutnya, yang perlu diperhatikan saat ini oleh pemerintah yaitu stabilnya stok dan harga logistik. Sebab logistik ada kecenderungan terganggu oleh komponen transportasi yang mengalami kenaikan, misalnya saja harga tiket pesawat yang hingga saat ini belum terjadi penurunan.

“Saya khawatir kenaikan harga transportasi ini bisa mengganggu pertumbuhan yang sudah ada. Apalagi ada event-event yang mau diselenggarakan di NTB terancam tidak jadi lantaran kenaikan harga tiket ini,” terangnya.

Menurut Firmansyah, harga-harga komoditas harus terkontrol. Jangan sampai inflasi tumbuh terlampau tinggi lantaran harga kebutuhan masyarakat yang melonjak. Tentu kondisi ini membuat pertumbuhan ekonomi menjadi tidak berkualitas.

“Masalah inflasi harus diselesaikan, sebab jika inflasi melebihi pertumbuhan ekonomi, ekonomi tidak ada artinya. Pertumbuhan ekonomi bisa termakan oleh pertumbuhan inflasi. Maka akan muncul fenomena money illusion yaitu uang yang banyak, namun nilainya cenderung rendah atau uang tak bisa dibelanjakan dengan optimal karena harga barang tinggi,” terangnya.

Laporan BPS menyebutkan, pada Bulan Juli 2022, inflasi Gabungan Dua Kota (Kota Mataram dan Kota Bima) sebesar 1,24 persen, atau terjadi peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 110,64 pada Bulan Juni 2022 menjadi 112,01 pada Bulan Juli 2022. Angka inflasi ini lebih besar dibanding angka inflasi nasional yang tercatat sebesar 0,64 persen.

Adapun ekonomi NTB pada semester I-2022 terhadap semester I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 6,83 persen (c-to-c). Dari sisi produksi, pertumbuhan terbesar terjadi pada lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 27,19 persen. Sementara dari sisi pengeluaran semua komponen tumbuh, pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen ekspor barang dan Jasa sebesar 41,92 persen.(ris)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

0
Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang dilaksanakan oleh berbagai pihak berlangsung meriah, tak terkecuali PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang...

Latest Posts

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang...

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...