Tingkatkan Apresiasi Sastra Guru dan Siswa Lewat ”Bengkel Sastra”

0
Kegiatan Bengkel Sastra di Aula Kantor Cabang Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Timur, Kamis, 4 Agustus 2022.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Sebagai upaya peningkatan Apresiasi Sastra di Kalangan Guru dan Siswa, Kantor Bahasa Provinsi NTB kembali menyelenggarakan Bengkel Sastra di Aula Kantor Cabang Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Timur, Kamis, 4 Agustus 2022. Kegiatan ini menyasar 60 guru dan siswa di Kabupaten Lombok Timur yang terdiri atas 10 SMAN, 3 SMA Swasta, 2 MAN, 2 MA Swasta, 1 SMK, dan 1 MTs.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Puji Retno Hadiningtyas mengatakan, salah satu bentuk kegiatan apresiasi sastra adalah melalui bengkel sastra. Secara khusus bengkel sastra dapat lebih difokuskan pada bimbingan penulisan puisi dan musikalisasi puisi. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan apresiasi guru dan siswa terhadap karya sastra dalam bentuk puisi ini dibagi dalam beberapa materi, yaitu proses kreatif menulis puisi, penerapan teknik penulisan puisi, praktik penulisan dan  pembacaan puisi, serta pengenalan musikalisasi puisi.

Melalui materi-materi ini diharapkan guru dan siswa tidak hanya mengetahui teori terkait karya sastra, tetapi juga mampu menerapkan teori tersebut dengan turut menulis, membaca, dan menampilkannya dalam bentuk musikalisasi puisi.

“Saya berharap materi yang disampaikan oleh narasumber bisa diterapkan oleh guru dan siswa dan menjadi referensi pembelajaran di sekolah,” ujar Retno saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Ia juga menyampaikan harapannya agar para peserta tetap berupaya meningkatkan pemahamannya terkait puisi dan musikalisasi puisi. Ia juga mengajak para peserta berpartisipasi dalam lomba  musikalisasi puisi yang merupakan program rutin Kantor Bahasa Provinsi NTB. Selain itu, Puji Retno Hardiningtyas juga memberikan materi tentang Kebijakan Bahasa dan Sastra Daerah dan Indonesia. Ia juga memaparkan program-program Kantor Bahasa Provinsi NTB secara umum dan beberapa layanan yang dimiliki.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Timur, H. Mahsun, S.Pd., turut hadir serta memberikan sambutan  dan materi terkait pentingnya penguatan apresiasi sastra bagi bagi guru dan siswa. Dalam sambutannya, ia menegaskan bahwa kegiatan Bengkel Sastra dapat meningkatkan kecintaan terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

Ia memberikan arahan kepada para peserta untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari para narasumber dan tidak malu untuk bertanya agar mendapatkan manfaat yang besar dari kegiatan ini.

Narasumber lainnya adalah sastrawan Tjak S. Parlan yang memberikan materi tentang Proses Kreatif Penciptaan Puisi. Dalam paparannya, ia menyampaikan definisi puisi, modal utama dalam menulis puisi, langkah-langkah dalam menulis puisi, dan latihan penulisan puisi. Selain itu, pada sesi ini para peserta melakukan praktik membaca puisi sebagai bentuk latihan secara langsung.

Narasumber terakhir adalah pegiat sastra Muhammad Subhi yang memberikan materi terkait praktik baik pembacaan puisi dan musikalisasi puisi. Ia memaparkan tentang apa itu musikalisasi puisi yang menjadi program rutin Kantor Bahasa Provinsi NTB. Selain itu, ia menjelaskan unsur-unsur pokok musikalisasi puisi yang ada dan jenis musikalisasi yang digunakan di lingkungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yakni jenis musikalisasi puisi yang dilagukan secara utuh.

Materi lain yang disampaikan adalah arti penting puisi, teknik-teknik membaca puisi, dan sikap terhadap puisi. Penyampaian materi juga banyak diisi dengan pemutaran video-video pembacaan puisi oleh tokoh-tokoh terkenal seperti Sapardi Djoko Damono dan Peri Sandi Huizache.

Untuk mendapatkan gambaran terkait kemampuan siswa, sebelum dan setelah pelatihan, panitia menyelenggarakan tes awal dan tes akhir. Kegiatan ditutup dengan pemberian apresiasi oleh Kantor Bahasa Provinsi NTB kepada tiga peserta dengan nilai tes awal dan tes akhir terbaik dan delapan peserta yang paling aktif selama kegiatan berlangsung. (ron)