Pimpinan OPD Diingatkan Pekerjaan Tidak Numpuk di Akhir Tahun

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram telah melakukan evaluasi serapan fisik dan keuangan masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Capaiannya diklaim lebih progresif dibandingkan tahun sebelumnya. Kendati demikian, pimpinan OPD tidak menumpuk pekerjaan di akhir tahun.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito mengklaim, capaian realisasi fisik dan keuangan pada triwulan kedua cukup bagus dibandingkan dengan capaian di triwulan kedua pada tahun 2021 lalu. Untuk realisasi fisik pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021 lalu, mencapai 32 persen. Di APBD 2022 mencapai 43 persen.

Sedangkan, realisasi keuangan dari 32 persen menjadi 34 persen. Artinya, terjadi lompatan sangat signifikan terhadap realisasi fisik. “Alhamdulillah, realisasi fisik kita jauh lebih tinggi dibandingkan capaian di 2021 lalu,” kata Sekda dikonfirmasi pada Kamis, 4 Agustus 2022.

Eko mengingatkan, program yang sudah direncanakan oleh masing-masing OPD untuk segera dilaksanakan. Pelaksanaan program itu berimplikasi terhadap perputaran ekonomi di daerah. Di sampingi itu kata Eko menegaskan, jangan lagi ada keterlambatan pelaksanaan. Apalagi menumpukkan program di akhir tahun. “Kita harapkan segera dilaksanakan. Tidak boleh ada lagi program menumpuk di akhir tahun,” katanya meningatkan.

Ia menyebutkan, OPD yang masih rendah serapan keuangan dan fisiknya dan masuk zona merah yakni Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram. Kondisi ini dimaklumi karena banyak program yang belum dieksekusi. Di antaranya, pembayaran pembebasan lahan dan lain sebagainya. Berbeda halnya dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), justru progres fisik dan keuangan sangat bagus.

Hal itu disebabkan sejumlah program sudah berjalan. Seperti pembangunan panggung Taman Sangkareang sudah rampung. Pengerjaan lanjutan gedung Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan gedung Kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga. “Kalau PUPR progresnya sudah bagus,” demikian kata Sekda. (cem)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...