Jemaah Haji Kloter III Tiba di BIZAM

0
Penerimaan jemaah haji Kloter III Embarkasi Lombok oleh Kakanwil Kemenag NTB H. M. Zaidi Abdad di Asrama Haji Mataram, Kamis, 4 Agustus 2022. (Suara NTB/ist)
ads top adsamman

Mataram (Suara NTB) – Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) III Embarkasi Lombok tiba dengan selamat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Kamis, 4 Agustus 2022. Jemaah haji yang berjumlah 386 dengan 6 petugas haji dan kesehatan ini merupakan gabungan jemaah dari Kabupaten Lombok Timur sebanyak 221 jemaah, Dompu 126 jemaah dan Kabupaten Lombok Utara, 39 jemaah haji.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Dr. H. M. Zaidi Abdad, M.Ag., menjelaskan, jemaah haji gabungan ini check out dari salah satu hotel di Madinah Arab Saudi, Rabu, 3 Agustus 2022 Pukul 09.10 waktu Arab Saudi. Mereka kemudian diberangkatkan menuju Bandara Amma Madinah dan berangkat Pukul 15.10 dan tiba dengan selamat di BIZAM, Kamis, 4 Agustus 2022 jam 09.10 WITA.

Jemaah yang tiba tersebut, tambahnya, banyak yang memerlukan perhatian, karena 3 jemaah haji saat tiba di BIZAM menggunakan kursi roda. Selain itu, ada 8 jemaah haji yang baru tiba memerlukan kursi roda, sehingga harus mendapatkan perhatian khusus. Ada juga 1 jemaah haji yang sekarang ini mendapatkan perawatan KKHI Madinah dan akan dipulangkan jika sudah dalam kondisi membaik. Tidak hanya itu, dari informasi yang diterima, ada 30 jemaah haji yang dipulangkan ini dalam kondisi risiko tinggi yang membutuhkan perhatian khusus dari panitia haji di daerah.

Setelah tiba di Asrama Haji dan mengurus masalah administrasi keimigrasian dan melakukan rapid test, jemaah haji dari Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara kembali ke daerah masing-masing. Khusus untuk jemaah haji dari Kabupaten Dompu beristirahat di Asrama Haji dan pukul 18.00 Wita kembali ke Dompu.

Pihaknya juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang mendalam kepada semua panitia dan UPT Asrama Haji atas kesiapan dan kesigapannya menerima kedatangan jemaah. Mulai sejak penerimaan di BIZAM, sampai penerimaan di Asrama Haji Lombok. Begitu juga pada jemaah yang telah mematuhi segala instruksi pemerintah sejak pemberangkatan sampai dengan pemulangan bisa memperoleh haji yang mabrur.

Pada tahun 2022 ini, pemerintah pusat memberikan kuota jemaah haji bagi NTB sebanyak 2.042 orang yang terbagi dalam 6 kloter. Kloter I Embarkasi Lombok tiba dari Arab Saudi tanggal 1 Agustus 2022 lalu. Sementara kloter 6 yang merupakan gabungan jemaah haji dengan daerah lain, yakni dari Embarkasi Jakarta akan tiba di BIZAM dari Arab Saudi tanggal 8 Agustus 2022 nanti menggunakan maskapai Garuda Indonesia. (ham)