Asprov PSSI NTB Izinkan Klub Liga 3 Rekrut Pemain Luar

0
Ketua Umum Asprov PSSI NTB, Mori Hanafi didampingi rekan pengurus memberikan keterangan pers di Sekretariat KONI NTB, Kamis, 4 Agustus 2022.(Suara NTB/fan)
ads top adsamman

Mataram (Suara NTB) – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI NTB  memperbolehkan  kepada 26  klub untuk merekrut pemain luar yang ambil bagian di Liga 3 Asprov PSSI NTB yang akan mulai di gulirkan di GOR 17 Desember Turide Mataram, 6 Agustus 2022.

Demikian disampaikan Ketua Asprov PSSI  NTB, H. Mori Hanafi saat memberikan siaran pers kepada wartawan di Sekretariat Asprov PSSI NTB, Kamis, 4 Agustus 2022. “Untuk liga tiga tahun ini kita akan memperbolehkan semua klub untuk mengambil pemain luar NTB. Jadi tidak ada masalah,” ujarnya.

Dikatakannya, liga 3 Asprov PSSI NTB melibatkan 26 klub dan akan digulirkan mulai tanggal 6 Agustus 2022.  Dan pembagian grup Liga 3 NTB 2022 sudah dilakukan Asprov PSSI NTB bersama perwakilan klub.

Lanjutnya, berdasarkan hasil drawing  bahwa peserta Liga 3 NTB 2022 terbagi dalam empat grup. Dimana Grup di Pulau Lombok terbagi dalam Grup A dan Grup B. Grup A dihuni  delapan klub, seperti juara bertahan Perlobar, PS Mataram, Lombok FC, PSLT Lombok Tengah, PS Fatahillah 354, PS Hamzanwadi, Infa FC, dan Bintang Ampenan.

Kemudian grup B berisi tujuh klub. Yakni runner up Liga 3 NTB 2021, PS Bima Sakti, PS Bintang Kejora, Perslotim, PS Seleparang Raya, PS Daygun, Mandalika FC, dan Garuda Muda. Seluruh pertandingan Grup A dan B digelar di GOR 17 Desember.

Sementara itu, 11 klub dari Pulau Sumbawa terbagi dalam dua grup. Grup C, dihuni Lebah FC Sumbawa, Persekobi, Cordova University, Bomber FC, Persisum Sumbawa, dan Panser FC. Pertandingan Grup C digelar di Sumbawa dengan tuan rumah Lebah FC. Sedangkan Grup D dihuni Persebi Bima, Persidom Dompu, Galaxy FC, PSKT Sumbawa Barat, dan PS Sumbawa FC. Pertandingan Grup D dilakukan di Bima dengan tuan rumah Persebi Bima. Persaingan Liga 3 NTB 2022 bakal lebih ketat daripada sebelumnya. Karena jumlah klub peserta bertambah delapan klub.

Selain itu, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI NTB akan memberikan dana stimulan  kepada sebanyak 18 klub yang akan ambil bagian di kompetisi sepak bola Liga 3 Asprov PSSI NTB 2022.  Besar dana stimulan yang akan diberikan kepada masing-masing klub mencapai Rp 20 juta per klub.

Pemberian dana stimulan ini perdana dalam sejarah sepakbola di NTB bahkan se Indonesia. Dana stimulan itu akan diberikan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama pada H-2 kick off Liga 3 sebesar Rp10 juta dan 3 (tiga) buah bola senilai Rp1 juta. Selanjutnya tahap kedua setelah kompetisi berjalan sebesar Rp9 juta. Dana stimulan akan ditransfer ke rekening klub dengan menggunakan rekening Bank NTB Syariah dan tanda tangan kwitansi. (fan)