Tingkatkan Apresiasi Sastra Guru dan Siswa, Kantor Bahasa NTB Gelar Bengkel Sastra

Mataram (Suara NTB) –  Kantor Bahasa Provinsi NTB menyelenggarakan kegiatan Bengkel Sastra bagi guru dan siswa di Kabupeten Lombok Tengah pada Selasa, 2 Agustus 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Lombok Tengah ini dihadiri 80 guru dan siswa di Kabupaten Lombok Tengah.

Bengkel Sastra merupakan salah satu bentuk kegiatan peningkatan apresiasi sastra di kalangan dunia pendidikan, khususnya bagi guru dan siswa sekolah negeri maupun swasta mulai dari pendidikan dasar sampai menengah.

Para peserta berasal dari 6 SMP, 3 SMK, 3 MA, dan 2 MTs di Kabupaten Lombok Tengah. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pembinaan Bahasa dan Sastra Kantor Bahasa Provinsi NTB.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Puji Retno Hadiningtyas mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya sastra dalam bentuk puisi ini dibagi dalam beberapa materi, yaitu proses kreatif menulis puisi, penerapan teknik penulisan puisi, praktik penulisan dan  pembacaan puisi, serta pengenalan musikalisasi puisi.

Melalui materi-materi ini diharapkan guru dan siswa tidak hanya mengetahui teori terkait karya sastra, tetapi juga mampu menerapkan teori tersebut dengan turut menulis, membaca, dan menampilkannya dalam bentuk memusikalisasi puisi. “Kami berharap agar para peserta memiliki bekal untuk bisa berpartisipasi dalam lomba  musikalisasi puisi yang merupakan program rutin Kantor Bahasa Provinsi NTB,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa tindak lanjut kegiatan Bengkel Sastra ini adalah lomba musikalisasi puisi tingkat SMA se-NTB yang akan diadakan bulan ini. Selain itu, Retno juga memberikan materi tentang Kebijakan Bahasa dan Sastra Daerah dan Indonesia. Ia juga memaparkan program-program Kantor Bahasa Provinsi NTB secara umum dan beberapa layanan yang dimiliki.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah, H. Lalu Idham Halid, M.Pd., turut hadir serta memberikan sambutan dan materi terkait pentingnya penguatan apresiasi sastra bagi guru dan siswa.

Dalam sambutannya, ia menegaskan kegiatan Bengkel Sastra dapat mendukung program Merdeka Belajar. Ia memberikan arahan kepada kepada para peserta untuk mengambil manfaat dari kegiatan ini.

Narasumber lainnya, sastrawan Imam Safwan memberikan materi tentang Proses Kreatif Penciptaan Puisi. Dalam paparannya, ia memberikan tips dan modal yang diperlukan untuk membuat puisi. Modal yang diperlukan oleh seorang penulis puisi adalah pengalaman, imajinasi, pengetahuan, dan keterampilan berbahasa. Selain itu, pada sesi ini para peserta melakukan praktik membaca puisi sebagai bentuk latihan secara langsung.

Narasumber terakhir ,pegiat sastra Syaiful Bahri yang memberikan materi terkait praktik baik pembacaan puisi dan musikalisasi puisi. Ia memaparkan tentang apa itu musikalisasi puisi yang menjadi program rutin Kantor Bahasa Provinsi NTB.

Selain itu, ia menjelaskan jenis-jenis musikalisasi puisi yang ada dan jenis musikalisasi yang digunakan di lingkungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yakni jenis musikalisasi puisi yang dilagukan secara utuh. Materi lain yang disampaikan adalah teknik-teknik membaca puisi. Penyampaian materi juga banyak diisi dengan praktik membaca puisi oleh para peserta, baik guru dan siswa.

Untuk memetakan kemampuan siswa, sebelum dan setelah pelatihan, panitia menyelenggarakan tes awal dan tes akhir. Kegiatan ditutup dengan pemberian apresiasi oleh Kantor Bahasa Provinsi NTB kepada tiga peserta dengan nilai tes awal dan tes akhir terbaik dan delapan peserta yang paling aktif selama kegiatan berlangsung.

Bengkel sastra merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai wujud cinta sastra. Kegiatan ini dilakukan dengan melatih masyarakat seperti guru, siswa, generasi muda, dan lain-lain agar lebih mencintai sastra. Peningkatan apresiasi melalui bengkel sastra dapat terwujud dengan cara melatih masyarakat memahami dan menghayati karya sastra karena setiap orang memiliki taraf pemahaman yang beragam, sesuai dengan usia, kompetensi, dan latar belakang pendidikan, baik formal maupun informal (keluarga dan masyarakat). Kegiatan bengkel sastra umumnya membahas hal-hal yang berhubungan dengan pemahaman dan penciptaan karya sastra, baik dalam bentuk puisi, cerpen, pantun, maupun drama. (ron)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...