Tim Rekrutmen Pekerja Smelter Bekerja hingga 2023

Taliwang (Suara NTB) – Tim Terpadu Rekrutmen Pekerja Pembangunan Smelter akan bekerja dalam waktu yang panjang. Setidaknya, tim yang keanggotaannya terdiri dari unsur pemerintah dan perusahaan itu disiapkan bertugas hingga tahun depan.

“Sampai tahun 2023 atau sampai masa konstruksi pembangunan smelter rampung,” jelas kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KSB, H. Muslimin HMY.

Masa kerja tim, menurut H. Muslimin, sengaja disesuaikan dengan wakru pelaksanaan pembangunan smelter. Sebab dalam proses rekrutmen pekerja nantinya tidak digelar sekaligus. Melainkan bertahap seiring dengan progres pembangunan pabrik pengolah bijih mineral tambang tersebut. “Kan rekrutmennya tidak sekaligus dalam satu waktu. Tapi menyesuaikan kebutuhan di lapangan,” ujarnya.

Sementara ini, tim rekrutmen sendiri masih melalukan sejumlah persiapan. Salah satunya menyusun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak/juknis) yang akan digunakan saat kegiatan rekrutmen nantinya.

H. Muslimin menuturkan, secara garis besar proses rekrutmen akan digelar satu pintu oleh tim. Namun sebelumnya tim akam melansir secara keseluruhan kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan oleh seluruh perusahaan yang terlibat selama kegiatan konstruksi smelter berlangsung.

“Terlebih dahulu kita akan umumkan semua jenis pekerjaan yang dibutuhkan baik oleh PT PIL selaku penanggungjawab pembangungan smelter maupun mitra bisnisnya. Baru setelah itu bertahap kita buka lowongannya,” urai H. Muslimin.

Selanjutnya ia menambahkan, secara aturan kegiatan rekrutmen karyawan dapat dilaksanakan sendiri oleh perusahaan. Namun dengan adanya kesepahaman bersama, perusahaan dan pemerintah sepakat untuk melaksanakan perekrutan pekerja smelter secara bersama-sama dengan membentuk sebuah tim. “Undang undang maupun Perda kita membolehkan (rekrutmen oleh perusahaan) dengan tetap melaporkannya terlebih dahulu ke pekerintah. Tapi ini ada niat baik kita bersama dengan harapan dengan pola rekrutmen satu pintu itu pekerja lokal kita bisa maksimal terserap di proyek smelter itu,” imbuhnya. (bug)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...