MAN 1 Mataram Gelar Rapat Kerja, Kakanwil Kemenag NTB Dorong Madrasah Terus Bertransformasi

0
Kakanwil Kemenag NTB K.H. Zaidi Abdad (tengah) bersama  Kepala MAN 1 Mataram Lalu Sirajul Hadi (paling kanan) saat Rapat Kerja MAN 1 Mataram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi NTB, Dr. K.H.Zaidi Abdad, M.Ag., hadir memberikan materi dan pembinaan pada kegiatan Rapat Kerja MAN 1 Mataram. Kegiatan Rapat Kerja MAN 1 Mataram berlangsung dari tanggal Selasa, 2 Agustus 2022 sampai dengan Rabu, 3 Agustus 2022 di Aula Belajar MAN 1 Mataram. Tema rapat kerja tersebut yakni “Tranformasi Layanan Pendidikan Mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi”.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag NTB H. M. Zaidi Abdad menjelaskan tentang pentingnya madrasah hadir dalam mengawal moral anak bangsa, dan itu tanggung jawab guru dan semua elemen madrasah.

Menurutnya, tingginya animo masyarakat saat ini untuk menyekolahkan anaknya ke madrasah karena percaya madrasah bisa mendidik dan membimbing anak-anak mereka untuk menjadi generasi dan manusia yang lebih baik. Dalam melaksanakan tugas dan kewajiban ini, ia berpesan agar seluruh warga madrasah memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi serta pentingnya visi bersama, ungkapnya.

Selain itu, Kakanwil Kemenag yang berlatar belakang mubalig dan akademisi ini mengatakan bahwa,  bahwa madrasah juga harus bertransformasi dan berI

“Inovasi, dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Era saat ini adalah era digital, kita harus melakukan tranformasi digital dalam memberikan layanan, termasuk dalam layanan pendidikkan di madrasah,” jelasnya.

Terkait kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah, Ia memberikan apresiasi kepada MAN 1 Mataram yang sudah melakukan kegiatan yang relevan dalam mendukung teknis implementasi Kurikulum Merdeka.

“Inisiatif madrasah dalam mempersiapkan diri dan merespons tuntutan Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 1 Mataram, saya apresiasi dan mudahan diikuti oleh madrasah lain,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Mataram Dr.Lalu Sirajul Hadi,M.Pd., mengatakan kegiatan Rapat Kerja kali ini mengambil tema yang relevan, bahwa selain pentingnya sinergi program, transformasi layanan juga merupakan hal yang harus diwujudkan. “Dan kita akan bertahap,” ungkap Sirajul yang juga aktivis pegiat literasi di NTB.

“Pada Rapat Kerja kali ini semua semua program dirumuskan dan diprogram mengacu pada visi misi dan Renstra Madrasah supaya sejalan berdampak baik. Alhamdulilah semua peserta Rapat Kerja mengikuti kegiatan dengan semangat dan penuh gairah,” ungkapnya. (ron)