Kantor Desa Rada Kabupaten Bima Hangus, Diduga Sengaja Dibakar

0
Puing-puing hangus di Kantor Desa Rada yang diduga sengaja dibakar, Rabu, 3 Agustus 2022.(Suara NTB/uki)

Bima (Suara NTB) – Kantor Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima hangus terbakar pada Rabu, 3 Agustus 2022 shubuh sekira pukul 05.10 wita. Penyebab dan motif kebakaran belum diketahui, namun dugaan sementara sengaja dibakar.

Kapolsek Bolo, Iptu Hanafi, membenarkan peristiwa. Berdasarkan laporan warga setempat, peristiwa kebakaran terjadi setelah shalat shubuh atau sekira pukul 05.10 wita. “Benar kantor Desa Rada terbakar. Sesuai laporan warga, kebakaran terjadi setelah selesai adzan shubuh,” katanya, Rabu, 3 Agustus 2022.

Hanafi mengatakan, warga yang baru saja pulang dari Mesjid setelah melaksanakan shalat shubuh berjamaah, tiba-tiba melihat percikab api dari dalam kantor Desa. Kobaran api cepat merambat yang menghanguskan isi di dalamnya. “Kobaran api bisa dipadamkan sekitar 1 jam kemudian,” katanya.

Hanafi mengaku, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan serta menyimpulkan penyebab kebakaran kantor Desa itu. Begitupun dengan motifnya, akan dilakukan pendalaman bersama dengan tim Inavis Polres Bima.

“Saat ini di lokasi kebakaran sudah kita pasang garis polisi (police line). Penyebab kebakaran masih dilidik,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bima, Drs. Ishaka mengatakan, berdasarkan keterangan dari warga, kantor Desa Rada sengaja dibakar oleh orang tak dikenal (OTK), meski demikian pihaknya tetap menunggu hasil penyelidikan pihak Kepolisian.

“Sesuai laporan warga, kantor Desa ini sengaja dibakar. Tapi kamu tetap menunggu hasil penyelidikan kepolisian,” ujarnya.

Ishaka menyebutkan dari peristiwa kebakaran itu, tidak ada korban jiwa. Namun total kerugian, ditaksirkan mencapai Rp300 juta. Jumlah itu akumulasi dari semua isi bangunan yang terbakar. “Termasuk juga satu unit komputer, satu lemari berisi surat penting dan dokumen kantor dan lainnya,” pungkasnya. (uki)