Jelang WSBK 2022, Hotel di Kawasan The Mandalika Sudah Mulai Dipesan

0
Foto udara ruas jalan bundaran Sunggung bypass Bandara Internasional Lombok - Mandalika di Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, Kamis, 28 Juli 2022. Menjelang ajang WSBK 2022 berbagai persiapan infrastruktur pendukung terus dikebut baik di dalam maupun di luar Sirkuit Mandalika. (ant/balipost)
ads top adsamman

Praya (Suara NTB) – Hampir separuh dari kapasitas kamar hotel yang tersedia di kawasan The Mandalika saat ini sudah dipesan (booking) jelang perhelatan World Superbike (WSBK) November 2022 mendatang. Terutama untuk kru, pembalap dan official. Sementara penonton atau wisatawan umum masih belum ada yang melakukan booking kamar.

Ketua Mandalika Hotel Assocation (MHA) Samsul Bahri, kepada Suara NTB, Rabu, 3 Agustus 2022, mengatakan, saat ini hampir semua hotel termasuk penginapan di kawasan Kuta dan sekitarnya sudah mulai membuka layanan. Baik penginapan, homestay hingga hotel kelas berbintang. ‘’Di mana untuk hotel berbintang, saat ini sudah hampir seluruhnya dipesan untuk kru, pembalap serta official,’’ terangnya.

Hotel-hotel yang sudah dipesan tersebut pun hampir tidak jauh beda pada gelaran WSBK tahun lalu. Jadi rata-rata kru, pembalap serta official lebih memilih kembali menginap di hotel yang sama. Mungkin hanya beberapa saja yang memilih untuk memesan hotel selain hotel tempatnya menginap sebelumnya.

Adapun calon penonton, bisa dikatakan belum ada yang memesan kamar untuk keperluan menonton balapan WSBK mendatang. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa faktor. Misalnya, soal kepastian harga tiket nonton WSBK yang sampai saat ini belum juga diumumkan oleh MGPA selaku penyelenggaran event di sirkuit internasional Mandalika.

Karena biasanya, penonton pasti akan menunggu terlebih dahulu harga tiket dikeluarkan oleh penyelenggara, baru kemudian bersiap untuk memasan kapan hingga tiket pesawat. Apalagi penonton dari luar negeri, pastinya akan menunggu kepastian harga tiket baru memutuskan untuk datang. Pasalnya, besaran harga tiket jadi salah satu pertimbangan bagi calon penonton untuk datang.

“Jadi penting bagi pihak ITDC maupun MGPA untuk segera mengumumkan harga tiket nonton WSBK. Karena itu bisa jadi salah satu pertimbangan penonton untuk mau datang menonton balapan nantinya,” imbuh Samsul.

Memang bagi penonton domestik bisa datang menjelang event balapan. Tapi beda kalau penonton dari luar negeri. Itu biasanya sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya. Sehingga kepastian harga tiket nonton sangat ditunggu, sebagai dasar pertimbangan untuk datang menonton. “Kalau soal kesiapan hotel, kita sudah sangat siap,” tegasnya.

Terkait harga tiket WSBK, sebelumnya Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo, mengaku akan segera diumumkan dalam waktu dekat ini. Pihaknya sejauh ini masih membahas soal formulasi harga tiket yang akan dijual nantinya. Mengingat, ada beberapa item yang rencannya juga akan dimasukkan menjadi bagian dari harga tiket.

Misalnya, untuk makan ada rencana akan diitegrasikan ke dalam harga tiket. Termasuk juga untuk parkir. Dengan begitu, penonton tidak perlu kesulitan untuk mencari makan saat menonton balapan. Hanya tinggal bawa tiket nanti dapat kupon makan. “Kita rencanakan dalam bulan ini juga harga dan penjualan WSBK diumumkan,” jawab Arie. (kir)