Bupati Sumbawa Terima Investor Korsel

0
Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah beserta jajaran bersama rombongan investor dari Korea Selatan.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pemkab Sumbawa menggelar rapat audiensi dengan pihak perusahaan Korea Selatan, Rabu, 3 Agustus 2022. Terkait rencana investasi pengembangan budidaya udang bebas karbon di Kabupaten Sumbawa.

Dari pihak perusahaan, rapat dihadiri Direktur PT, Icenergy Institute, Ilyas Taufiqurrahman, Direkur The Energy, Jason Lee, Direktur Companywee, Wie.

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Rombongan dari Korea Selatan yang mana merupakan kunjungan  pertama di Kabupaten Sumbawa. Sekaligus akan melakukan survei lapangan untuk melihat langsung kondisi wilayah dan potensi pengembangan budidaya tambak udang bebas karbon.

Sektor kelautan dan perikanan  merupakan salah satu sektor yang diharapkan dapat menggerakan kegiatan ekonomi daerah. Sebab memiliki potensi yang cukup besar. Dimana salah satunya yaitu potensi budidaya tambak. Potensi budidaya tambak di Kabupaten Sumbawa adalah seluas 10.375 Ha dengan pemanfaatan baru 3.695 Ha (35,62 % ). Produksi udang pada tahun 2021 sebanyak 127.000 ton dan sebagian besar hasilnya dikirim keluar daerah

Bupati berharap kepada jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan dan pihak-pihak terkait lainnya untuk terus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha dan masyarakat. Dengan melibatkan pihak kecamatan dan desa. Agar tujuan akhir pembangunan yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan tanpa mengabaikan aspek lingkungan.

Asisten II juga menyampaikan tujuan dari perusahaan Korea Selatan ini, yaitu untuk berinvestasi di tambak udang. Perusahaan tersebut mempunyai sistem baru yaitu dengan sistem ventilator udara dan hasil dari air maupun pakan dapat digunakan untuk kolam, hidroponik tanaman dan pertanian. Disamping itu juga perusahaan tersebut menggunakan PLTS, hemat energi dan mampu menghasilkan 2 kali lipat dari tambak intensif. (arn)