Balai Rehabilitasi Adhiyaksa di Sumbawa Diresmikan

0
Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah didampingi pejabat Forkopimda saat meresmikan Balai Rehabilitasi Adhiyaksa. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Balai Rehabilitasi Adhiyaksa diresmikan, Rabu (3/8), di RSUD Sumbawa. Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan harapan dengan adanya Balai Rehabilitasi ini penyebaran penggunaan narkoba bisa ditekan seminimal mungkin.

Selain itu, para penyalahguna yang telah direhabilitasi bisa menjadi agen pembaharuan untuk mencegah yang lain agar tidak ikut terjerumus. Bupati juga menekankan kepada Kepala BNN untuk meningkatkan lagi koordinasinya karena ini merupakan bentuk tanggung jawab bersama.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Dr. Adung Sutranggono, S.H., M.Hum. menjelaskan pelaksanaan Balai Rehabilitasi ini mengacu pada pedoman Jaksa Agung RI No. 18 tahun 2021 menekankan pada penyelesaian pelaksanaan penanganan perkara tindak pidana penyalahgunaan narkotika melalui rehabilitasi. Dengan penekanan keadilan restoratif yang berasaskan pada asas dominis kritis jaksa.

Lebih lanjut disampaikan, pelaksanaan penyelesaian penanganan perkara tindak pidana narkotika ini tentunya berkaitan dengan upaya pimpinan dalam hal rehabilitasi khususnya bagi pengguna dan penyalahguna narkotika. Kedepannya diharapkan pada pelaksanaannya mengacu pada kegiatan sosialisasi bagi pengguna narkoba.

Kepala Kejaksaan juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati dan jajaran atas terbentuknya Balai Rehabilitasi Adhiyaksa di Kejaksaan Negeri Sumbawa yang nantinya diharapkan bisa menampung para penyalahguna. Agar bisa berubah dan menjadi agen perubahan dalam mencegah dan mengurangi pelaksanaan penyalahgunaan peredaran narkoba di Kabupaten Sumbawa. (arn)