Penempatan Pejabat Mengacu Hasil Pansel

0
H. Mohan Roliskana

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram H. Mohan Roliskana akan memberikan kejutan pada pengisian dua jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di lingkup Pemkot Mataram. Sikap ini untuk mematahkan stigma publik yang menilai ada pejabat titipan. Penempatan pejabat mengacu pada hasil yang diserahkan panitia seleksi. “Pokoknya lihat saja nanti,” jawab Mohan tegas dikonfirmasi, Selasa, 2 Agustus 2022.

Mohan mengaku, enam nama dari dua formasi yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana telah diterima dari tim pansel, pekan kemarin. Hasil seleksi itu ditindaklanjuti dengan mengirim surat ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk meminta izin pelantikan.

Ia menargetkan, dua jabatan kosong sudah bisa rampung karena banyak program terutama di Dinas Pendidikan yang harus dikerjakan. “Terutama di Dinas Pendidikan ini. Saya sih berharap pekan depan ini sudah rampung semuanya,” harapnya.

Mohan kembali menegaskan, pejabat yang akan ditunjuk mengisi dua posisi tersebut mengacu pada hasil seleksi dan menjadi patokan utama.

Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Abdurrahman sebelumnya mengapresiasi seleksi dua JPTP digelar secara transparan. Diharapkan, penempatan pejabat harus mengedepankan right man and the right place. Artinya, pejabat yang menduduki posisi sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana harus benar-benar memiliki kapasitas dan kapabilitas. “Jadi harus dikedepankan oleh Pemkot Mataram kapasitas dan kapabilitas seseorang,” kata Rahman mengingatkan.

Politisi parta Gerindra ini menekankan, pejabat yang terpilih dan akan dilantik harus mampu menjalankan dan memimpin organisasi perangkat daerah (OPD) secara maksimal dan mengedepankan pelayanan dasar. Di samping itu juga, harus mampu menjalankan roda struktur kedinasan sesuai dengan beban kerja dan fungsinya. Rahman tidak menampik bahwa seleksi JPTP memunculkan stigma atau pandang lain dari masyarakat. Di antaranya, posisi tertentu sudah ada calonnya dan mendapatkan dukungan orang tertentu dan lain sebagainya. Namun, ia melihat proses seleksi berjalan secara transparan atau terbuka dan tim pansel telah bekerja sesuai dengan koridor.

Diketahui, pejabat yang mengikut seleksi JPTP yakni, Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Leni Oktavia, Kepala Sekretariat Bawaslu Lalu Ridwan, Sekretaris Dinas Pendidikan Gusti Ayu Sri Mahakarmiati, Kepala Bidang Inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Isnaini, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan  M. Carnoto SKM, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana H. Zuhhad, Pengawas pada Dinas Pendidikan  Yusuf, Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Dinas Sosial Akmalul Akhsan, dan Pengawas pada Dinas Pendidikan Abdul Kadir. Selanjutnya, Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kota Mataram Mohammad Iswan dan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ahmad Muzaki. (cem)